Harnojoyo Batal Jadi Caleg

Golkar Calonkan Mantan Pangdam

376

 

PALEMBANG, BP-  Komisi Pemilihan Umum RI telah menetapkan daftar calon sementara (DCS) anggota DPR RI. Penetapan DCS itu melalui keputusan KPU nomor 1039 Tahun 2023.

Sebanyak 9.919 nama yang ditetapkan akan memperebutkan 580 kursi senayan dari 84 Daerah Pemilihan. Jumlah ini bertambah dari alokasi sebelumnya di Pemilu 2019 yang hanya 575 kursi dan 80 Daerah Pemilihan.

Dari sejumlah nama yang diumumkan tersebut, tidak ada nama Harnojoyo Walikota Palembang yang sebelumnya santer diberitakan akan mencalonkan diri dari Partai Demokrat Dapil Sumsel 1 ini.

Baca Juga:  Partai Perindo Sumsel  Bagikan 2000 Kacamata dan Pemeriksaan Mata Gratis

“Hari ini saya datang ke Polda ini untuk membuat SKCK sebagai pemenuhan syarat pencalonan legislatif,” ujar Harnojoyo di Mapolda Sumsel waktu itu, Rabu (3/5). Ditambahkannya, selanjutnya nanti diserahkan kebijakan partai yang akan menentukan terkait pencalonannya tersebut.

Dari Daftar Calon Sementara yang diumumkan KPU, untuk bacaleg dari Demokrat Dapil Sumsel 1 secara berurutan masing-masing petahana Ishak Mekki, Aan Rizalni Kurniawan, Fifi Agustini, Ahmad Aman Astra, Ahmad Juniarto, Misliha, Sri Susanti dan Sarjan Tahir.

Banyak nama baru yang dicalonkan partai di Dapil Sumsel 1. Seperti Golkar yang mencalonkan mantan Pangdam II Sriwijaya Letjen Purn TNI Purn Sudirman. Jabatan terakhirnya Dankodiklat TNI (2020) dan dicalonkan dengan nomor urut 3 setelah petahana Kahar Muzakir dan RA Anita Noeringhati yang saat ini Ketua DPRD Sumsel.

Baca Juga:  PDIP Sumsel Serahkan Dokumen Pendaftaran Bacaleg ke KPU Sumsel

Sementara Partai Kebangkitan Bangsa mencalonkan Walikota Lubuklinggau SN Prana Sohe untuk nomor urut 1. Selanjutnya petahana dari PDI Perjuangan yang sebelumnya dari Dapil Sumsel 2, Yulian Gunhar berpindah ke Dapil Sumsel 1 dengan nomor puncak. Baru kemudian disusul petahana Sumsel 1 Riezki Aprilia pada nomor urut 2.

Terdapat pula nama presenter kondang Helmi Yahya yang dicalonkan oleh Partai Solidaritas Indonesia. Menantu Gubernur Sumsel Herman Deru, Muhammad Yaser dicalonkan dengan nomor urut 5 dari partai NasDem. Di atasnya bertengger petahana Fauzih Amro, Renny Astuti, Shofwan Hadi serta mantan senator Siska Marleni. #muk

Komentar Anda
Loading...