Rakerda LPM OI dan Diskusi Panel, Hadirkan Pembicara AW Noviadi Mawardi

140

INDRALAYA, BP – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kabupaten Ogan Ilir, menggelar Rapat Kerja Daerah Ke Satu dan Diskusi Panel, di Balai Serbaguna KPT Tanjung Senai, Rabu (31/05/2023).

Pada Rapat Kerja Daerah Ke Satu dan Diskusi Panel, Politisi dan Tokoh Pemuda Sumsel AW.Noviadi Mawardi, S.Psi, M.Si, dihadirkan sebagai pembicara.

Rakerda sendiri dibuka Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, SH.MH. Dikatakannya, Pemkab menyambut baik hadirnya LPM OI yang menjadi mitra Pemkab Ogan Ilir dalam menampung menjembatani aspirasi warga masyarakat dalam proses pembangunan.

Di tempat yang sama, Ketua DPD LPM Ogan Ilir Ruslan, ST,MM, MT menjelaskan, organisasi LPM OI tergolong baru, belum genap satu tahun keberadaannya. Tetapi dengan kemitraan dan dukungan penuh Pemkab Ogan Ilir dibawa kepemimpinan  Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar,SH dan Wakil Bupati H. Ardani, SH.MH, serta arahan dan bimbingan  dari Sekda H. Muhsin Abdullah,ST, MM, MT sebagai Ketua  Pembina LPM Ogan Ilir, pihaknya dapat menjalankan roda organisasi selama ini.

Baca Juga:  DPP PDIP Dukung Noviadi - Ilyas PA Berpasangan
Politisi dan Tokoh Pemuda Sumsel AW.Noviadi Mawardi, S.Psi, M.Si.

 

“Termasuk hari ini kami dapat melaksanakan Rakerda dan Diskusi Panel Pemberdayaan dengan menghadirkan   seluruh Ketua LPM Desa dan Kelurahan  serta Kecamatan Se-Kabupaten Ogan Ilir,” ucapnya.

Dalam Diskusi Panel Pemberdayaan, AW Noviadi Mawardi Yahya, dalam paparannya menjelaskan, kepengurusan dan kader LPM minimal harus  memenuhi kriteria antara lain, sosok muda yang energik, mampu secara ekonomi, berwawasan, dan figur tokoh yang jadi panutan masyarakat.

Baca Juga:  PNS Pemprov Sumsel Beserta Senpi Diamankan

Dengan tegas dan lugas saat memaparkan materinya, Putra Wagub Sumsel ini mengatakan, kader LPM adalah agent of change (agent perubahan) yang menjadi kekuatan penyeimbang pembangunan di masyarakat desa dan kelurahan.

“Oleh karenanya, kader LPM harus membekali diri agar betul-betul bisa menjadi lokomotif kekuatan pemberdayaan yang mampu diandalkan ditengah-tengah masyarakat,” ujar Bacaleg DPR RI dan Tokoh Pemuda Sumsel ini.

Nara sumber lainnya Sekda Ogan Ilir Bapak H.Muhsin Abdullah,ST. MM, MT dalam paparannya dihadapan ratusan kader LPM menyebutkan, LPM adalah sebagai pelayan dan objek pelayanan.

“Suatu saat LPM harus aktif menggali, menampung dan menginventarisi ragam aspirasi yang muncul di masyarakat, sisi lain LPM memposisikan diri sebagai objek layanan  yang akan berjuang dan meneruskan aspirasi ke jenjang tingkatan atas,” kata Ketua Dewan Pembina LPM Ogan Ilir ini.

Baca Juga:  Yongki: 4,5 Tahun Jadi Bupati, Ilyas Hanya Bangun Kotak Batu di Terminal KM 32 

“Saatnya LPM “BANGKIT” maksudnya apa, artinya adalah  Berbudaya, Aman, Nyaman, Gairah, Kolaboratif, Inovatif dan Terdepan,” tambah H.Muhsin.

Tampak hadir para undangan dalam  acara tersebut    Kapolres OI yang diwakili Kasat Binmas AKP Wempy Manurung, S.H, Pabung 0402 OKI-OI Mayor Jauhari, Anggota KPU Rusdi Daduk, S.Sos.I, Sekretaris DPRD OI Hj.Muhsinah,SE,M.Si Anggota  TKPP OI, Ketua MUI OI DR.H.Nurhasan S.Ag.,M.Ag, Yapruddin,SH dan Abdul Hamid, Kepala OPD, dan Camat Se Kabupaten Ogan Ilir. #Yud/riz

Komentar Anda
Loading...