Peringati HUT Provinsi Sumsel ke 77, Banyak Tangan  Yang Harus di Hadapi Sumsel Kedepan 

57
Rapat paripurna istimewa DPRD Sumatera Selatan (Sumsel)  di gelar dengan agenda peringatan HUT (hari jadi)  Provinsi Sumsel ke 77 yang dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel , HM Giri Ramandha N Kiemas, Kartika Sandra Desi dan Muchendi Mahzareki di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (15/5).(BP/udi)

Palembang, BP- Rapat paripurna istimewa DPRD Sumatera Selatan (Sumsel)  di gelar dengan agenda peringatan HUT (hari jadi)  Provinsi Sumsel ke 77 yang dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel , HM Giri Ramandha N Kiemas, Kartika Sandra Desi dan Muchendi Mahzareki di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (15/5).

Turut hadir Gubernur Sumsel H Herman Deru, Wakil Gubernur, H Mawardi Yahya.

Hadir juga diantaranya  Gubernur Provinsi Sumsel periode 2003 2008, H Syarial Usman dan juga mantan Wakil Gubernur, H Ishak Mekki, Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn di wakili R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir,

Kemudian hadir pula Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani Mpdi , Menteri Dalam Negeri di wakili Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Drs. Agus Patoni, Inspektur Wilayah I Itjen Kemendagri Bachtiar Sinaga, Menteri Perhubungan Indonesia di wakili  Kepala Dinas Dinas Navigasi , Marta, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Buyung Wiromo Samudro.

Lalu Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel  Hj Febrita Lustia Herman Deru, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK  Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya., anggota DPRD Sumsel, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat seluruh Sumsel, bupati dan walikota seluruh Sumsel, Pangdam II Sriwijaya di wakili  Irdam II Sriwijaya Brigadir Jenderal TNI Heru Setio Paripurnawan, M.D.A., M.S.S, Kasdam II Sriwijaya  Brigjen TNI  Norman Saito, Kapolda Sumsel di wakili  Wakapolda Sumsel Brigjen Polisi M Zulkarnain, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Agoes Soenanto Prasetyo,S.H.,M.H.

Baca Juga:  Update Corona Sumsel 8 Mei: Tak Ada Tambahan Kasus, Pasien Sembuh Tambah 2 Orang

HUT Sumsel jatuh pada tanggal 15 Mei . Peringatan HUT Provinsi Sumsel kali ini  mengusung tema bersinergi mewujudkan Sumsel maju untuk semua, diadakan bazar UMKM yang menampilkan beberapa produk kuliner dan produk lainya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru  mengaku bersyukur karena  Sumsel sudah bisa  mencapai ketitik ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

“ Tapi ada hikmah lain yang harus kita gunakan untuk introspeksi , apa saja yang sudah kita lakukan , jika baik kita terus tingkatkan, jika kurang baik kita perbaiki, jika memang sudah tidak sesuai , misalnya sebuah program tentu harus segera kita koreksi,” katanya.

Baca Juga:  Pansus VI DPRD Kota Palembang Rampungkan Pembahasan Raperda Penanggulangan Penyakit

Selain itu apa yang Sumsel laksanakan pada saat ini tentu harus dilaksanakan dan awasi  dengan baik , baru berikutnya merencanakan kedepan  untuk lebih baik lagi.

“Kalau untuk  Tanjung Carat on progres, khan kita butuh administrasi yang kongkrit misal masalah amdal itu berkaitan hajat hidup orang banyak maka analisasi dampak lingkungannya betul-betul akurat dan melibatkan semua komponen , tidak bisa begitu saja , kita ikuti tahapan,” katanya.

Pekerjaan rumah lain menurut Gubernur misalnya ingin Sumsel ini menjadi juara 1 penghasil pangan .

“ Kita nyatanya dari 8  baru masuk peringkat 5 , itu salah satu ya, artinya meskipun itu sebuah progres tapi masih kita harapkan minimal 3 besar,” katanya.

Soal kemiskinan di Sumsel , Deru menilai ada penurunan  dalam dua dekade , artinya 20 tahun terakhir ini  baru ini Sumsel  berkepala sebelas.

“Nah inilah , artinya kita butuh  kerja keras lagi untuk mencapai Sumsel dengan kemiskinan 1 digit,” katanya.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Pesimis Beberapa Tahun Kedepan Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tumbuh Signifikan

Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT bahwa ditahun ini pihaknya bisa menggelar HUT Sumsel terlepas dari pandemi Covid-19 karena  dua tahun terakhir harus dibatasi baik dengan tamu maupun komunikasi.

“ Tahun ini kita bisa memeriahkan dengan beberapa agenda yang kita melibatkan  semua masyarakat  karena diusia 77 ini  bertepatan dengan berakhir masa jabatan tahun kelima Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, dimana  seluruh pembangunan sesuai dengan RPJMD Gubernur  bisa terlaksanakan semua,” katanya.

Kalaupun belum ada yang terlaksanakan menurut politisi Partai Golkar ini  itu menjadi pihak kita semua bahwa semua ini untuk Provinsi Sumsel.

“ Dengan adanya moto di tahun 2023 ini  bahwa Sumatera Selatan Maju Selalu Terdepan, inilah  terus kita agendakan,” katanya.

Dan tantangan Sumsel kedepan menurut Anita, yang pasti Sumsel menyelesaikan  seluruh kabupaten kota yang menjadi tugas perbantuan dari provinsi agar seluruh pembangunan  Sumsel bisa merata.#udi

 

 

Komentar Anda
Loading...