Resmikan Paviliun Indonesia di Jerman, Presiden Jokowi: Indonesia Land of Opportunity    

325

HANNOVER, BP –  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  meresmikan Paviliun Indonesia pada pameran teknologi industri terbesar di dunia, Hannover Messe 2023 di Fairground Hall 2, Hannover, Jerman pada Senin (17/4/2023) . Presiden Jokowi menyebut Indonesia sebagai Land of Opportunity.

 

“Selamat datang di Paviliun Indonesia yang didesain khusus seperti kapal tradisional Indonesia, Kapal Pinisi. Kami ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan masa depan,” kata Jokowi.

 

Menurutnya, kapal  ini memiliki kompas yang dinamakan peta jalan Making Indonesia 4.0, sebagai navigator transformasi industri di Indonesia.

Baca Juga:  BPK Serahkan LHP Investigasi Pada PT Indofarma Tbk Kepada Jaksa Agung

 

“Saya mengajak bapak ibu ke pavilion ini untuk melihat Indonesia sebagai Land of Opportunity dan sebagai hub manufaktur masa depan,” ucap Presiden.

 

Sehari sebelumnya dalam Pembukaan Hannover Messe 2023, Presiden juga menerangkan bahwa Making Indonesia 4.0 adalah tema yang sangat relevan bagi Indonesia yang sedang bertransformasi ekonomi. Saat ini Indonesia tidak sedang menutup diri kepada dunia dan sangat terbuka sebagai tempat berinvestasi.

Selama penyelenggaraan Hannover Messe 2023, sudah ada beberapa perjanjian kerja sama baru yang telah ditandatangani dengan nilai perjanjian sebesar 1,9 miliar US dollar.

Baca Juga:  Angka Kejadian Covid-19 Terus Berkurang, DKI Terbanyak Dengan 'Hanya' 97 Kasus

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyampaikan, sudah ada 27 perjanjian kerja sama, yaitu satu antara G to G (Government to Government), empat antara G to B (Government to Business) dan 22 antara B to B (Business to Business).

 

“Nilainya mencapai 1,9 miliar US dollar dan diharapkan akan terus bertambah selama beberapa hari ke depan. Nilai ini diharapkan dapat membuka sekitar 80.000 lapangan kerja,” kata Airlangga.

Baca Juga:  Jokowi: Bangun Infrastruktur Harus Perhatikan Lingkungan dan Satwa

Seperti diketahui, setelah peresmian, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan walkabout ke berbagai macam booth industri unggulan Indonesia, serta menghadiri business summit.

Peresmian juga dihadiri Kanselir Jerman, Olaf Scholz, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Hannover Messe 2023 berlangsung pada 17–21 April di Pusat Pameran Hannover, Niedersachsen, Jerman. Tahun ini, Indonesia mencetak prestasi sebagai negara ASEAN pertama yang berpartisipasi sebagai Official Partner Country untuk ketiga kalinya.#gus

Komentar Anda
Loading...