Asian Games 2023: Federasi Nasional Diminta Manfaatkan Cabor Sanction Olimpiade

370

JAKARTA, BP –  Federasi nasional diminta NOC Indonesia memaksimalkan persiapan atlet  Indonesia yang  turun di Asian Games 2023 Hangzhou, mengingat  ada beberapa cabang olahraga (cabor) Asian Games  mendapat sanction atau penetapan   masuk  proses kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

 

Hal ini ditegaskan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia)  Raja Sapta Oktohari dalam laman resmi Kemenpora dikutip Selasa (28/3/2023). Raja mengatakan,  proses kualifikasi Olimpiade Paris akan diberlakukan di Asian Games Hangzhou (23 September 2023 hingga 8 Oktober 2023) mendatang.

Baca Juga:  Muslim Resmi Nakhodai Pengprov Porserosi  

 

Ia mengungkapkan,  pesta olahraga terbesar empat tahunan kawasan Asia edisi ke-19 ini akan mempertandingkan 481 number of event dari 61 disiplin yang berasal dari 40 cabor.

 

“Olimpiade Paris akan berlangsung tahun depan dan saat ini proses kualifikasi masih berlangsung. Sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia, saya harus sampaikan agar kita semua  bersatu fokus terhadap prestasi. Apalagi target terbesar kita  ingin meloloskan lebih banyak atlet di Olimpiade Paris,” kata Okto sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Nyimas Nabila Rachmawati  Kembali Juara

 

Senior Vice President Asian Cycling Confederation (ACC) ini juga menerangkan,  Asian Games termasuk menjadi salah satu event yang dimanfaatkan sejumlah cabor untuk proses kualifikasi Olimpiade.

 

“Ada beberapa cabor yang di-sanction, di antaranya tinju dan hoki. Jadi peraih medali emas di Asian Games, sudah pasti mendapat tiket kualifikasi ke Paris. Begitu juga untuk cabor terukur yang limit waktu untuk lolos Olimpiade sudah ditentukan oleh Federasi Internasional. Kita harus bisa memanfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin,”  Okto menerangkan.

Baca Juga:  Tunda Tanda Tangan, BPKAD Sumsel 'Lumpuhkan' Persiapan Atlet Disabilitas

 

Untuk diketahui, pada  Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, tim Indonesia berhasil menempati posisi empat klasemen akhir dengan raihan 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

 

Untuk mematangkan persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou, NOC Indonesia telah menunjuk Basuki Hadimuljono sebagai Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia.#gus

Komentar Anda
Loading...