Gelar Munas IV , Hari ini IKA Unsri Pilih Ketua Umum Baru

1,131
Ketua Umum IKA Unsri yang juga  dosen Universitas Indonesia (UI)  dan Oxford University  Dr. Agung Firman Sampurna dan rekan saat akan menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) IV IKA Unsri  “ Membangun Ketangguhan  Lokal –Memperkuat Persatuan  Nasional Menyongsong Era Pasca Pandemi”, di Plaza Mandiri, Jakarta, Sabtu (18/3).(BP/Ist)

Palembang, BP-Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya (IKA Unsri) adalah organisasi alumni Universitas Sriwijaya (Unsri) yang didirikan pada tanggal 11 September 1971 oleh Prof. Daud Busroh.

Ika Unsri akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) IV  “ Membangun Ketangguhan  Lokal –Memperkuat Persatuan  Nasional Menyongsong Era Pasca Pandemi”, pada tanggal 18-20 Maret 2023 di Jakarta guna memilih ketua umum yang baru. Sabtu (18/3) Munas Ika Unsri akan di buka oleh  Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE di Plaza Mandiri, Jakarta.

“Semua Ikatan Alumni Unsri ini akan berkumpul di Jakarta pada Munas IKA Unsri pada tanggal 18-20 Maret 2023 ini., “ Direktur Eksekutif Ika Unsri, Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi, MT., CIAP, Sabtu (18/3),

Menurutnya ada empat narasumber yang hadir Ismayatun (Ketua BPK RI), Menteri Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi RI, Menteri Perhubungan RI dan Menteri PekerjaanUmum dan Perumahan Rakyat

Juga dihadiri  Mantan Rektor Unsri Badia Perizade, , Prof. Mahmud Hasyim, para Wakil Rektor Unsri, para Dekan di Unsri , mantan Gubernur Sumsel SyahrialOesman,  mantan Dekan Fakultas Hukum Unsri Prof. Amzulian Rifai , dan  lebih dari 150 orang alumni yang tersebar di Indonesia dan manca negara telah mendaftar untuk hadir.

Baca Juga:  Tiga Pelaku Perampok dan Pembunuh Tauke Sawit di Banyuasin Ditangkap

“Kegiatan Munas IKA Unsri akan dilaksanakan di Plaza Mandiri dan diharapkan acara munas akan berjalan lancar sesuai rencana,” katanya.

Dijelaskan Diah, Ika Unsri dibentuk dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara alumni Unsri serta untuk meningkatkan kontribusi dan peran alumni dalam membangun almamater, bangsa dan negara.

Beberapa Ketua Umum IKA Unsri yang pernah menjabat antara lain: Prof. Daud Busroh, Prof. Zainal Ridho Djakfar, Dr. Marwah M. Diah, Afran Fikri Sanaf, SE., MSi, Ir. SyahrialOesman, dan Dr. H. Marzuki Alie.

Pada saat ini Ketua Umum IKA di jabat oleh Dr Agung Firman Sampurna Unsri yang juga  menjabat sebagai dosen Universitas Indonesia (UI) ,Oxford University dan Pimpinan Auditor Keuangan Negara (AKN) I Badan PemeriksaKeuangan (BPK) RI.

Dr. Agung Firman Sampurna yang dipilih secara aklamasi pada Munas IKA Unsri  pada tanggal 2 Desember 2017.

Kemudian pelantikan Pengurus Nasional IKA Unsri Periode 2017 – 2023 dilakukan pada Tanggal 31 Maret 2018 oleh Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE.

Pada hari yang sama, Rektor Unsri  juga melakukan peresmian Gedung Sekretariat IKA Unsri di daerah Kampus Palembang, tepatnya di Jalan Hokky Blok C No 15.

Baca Juga:  MM UTP, Ajak Mahasiswa Berbenah Sambut MEA

Organisasi IKA Unsri di bawah kepemimpinan Dr. Agung Firman Sampurna, dengan motto: merangkai aksi membangun tradisi, telah menjalankan kegiatan sebagaimana aturan-aturan organisasi yang  lain, bukan hanya sekedar temu kangen dan kumpul-kumpul.

Sebagai Ikatan Alumni, IKA Unsri terbilang masih baru, karena memulai debutnya diakhir era 1990-an. Tentunya tidak bisa dibandingkan dengan Ikatan Alumni yang sudah eksis dan mapan seperti Kagama, Iluni, atau IA ITB.

Membangun Ikatan Alumni tentunya bukan sekedar beraktifitas, berkegiatan, atau berkumpul-kumpul. Membangun ikatan adalah membangun dan melembagakan kebersamaan.

Ikatan Alumni adalah wadah bagi mereka yang telah merampungkan proses akademi di almamaternya untuk “menemukan Kembali” dirinya dalam mayarakat, berkumpul dengan kawan-kawan. Membangun ikatan alumni adalah tradisi.

Pada tahun 1918 saja tercatat 57 kegiatan dilakukan, dan sampai tahun 2023 lebih dari 150 kegiatan telah sukses dilaksanakan, baik skala lokal maupun skala nasional.

Walaupun adanya serangan pandemic covid-19 yang menyebabkan kegiatan hampir semua sektor menurun, namun IKA Unsri tetap melaksanakan banyak kegiatan, seperti memberi bantuan APD sebanyak masing-masing 1000 paket untuk: Pemerintah Kota Palembang, LubukLinggau, Prabumulih, dan Lapas Pakjo.

Baca Juga:  Gelar Halal Bi Halal, SMB IV Ajak Masyarakat Sumsel Pererat Tali Silaturahmi

Selain itu, IKA Unsri telah bekerjasama dengan Bank BNI melakukan pelayanan PCR kepada lebih dari 2000 orang.

Telah banyak kegiatan sosial yang dilakukan, termasuk membantu mahasiswa Unsri yang kecelakaan dan memerlukan tindakan darurat operasi pada kepalanya.

Juga support kepada mahasiswa secara hukum terhadap pelecehan seksual yang baru-baru ini terjadi.

Kiprah kegiatan IKA Unsri untuk almamater pun telah banyak dilakukan, dengan kegiatan Alumni Mengajar, pelatihan-pelatihan untuk mahasiswa dan alumni baru, support terhadap kegiatan mahasiswa, diantaranya: lomba mobil listrik yang menang peringkat 2 nasional.

Sedangkan kegiatan skala Nasional antara lain, kegiatan Himpuni  (Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri) yang diselenggarakan di Palembang  dengan menghadirkan beberapa orang Menteri.

Lomba Golf tingkat Nasional yang telah dua kali diselenggarakan di Jakarta, dan lomba basket di Palembang dan di Lampung.

Pada masa kepengurusan IKA Unsri di bawah pimpinan Dr. Agung Firman Sampurna, telah terbentuk 22 Ikatan Alumni Cabang Provinsi, Fakultas, dan komunitas.#udi

 

Komentar Anda
Loading...