Sedang Batuk dan Flu Berat, Cukup Rebus Bawang Putih 10 Menit

85
Rebusan air bawang putih dapat mengobati batuk dan flu berat. (BP/IST)

Jakarta, BP – Ada khasiat luar biasa dari bawang putih. Jika tidak sanggup dimakan mentah, jadikan bawang putih sebagai air rebusan maka tubuh akan sehat dan bugar.

Air rebusan bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Dikutip dari Times of India, (13/2).
Minum air rebusan bawang putih setelah atau sebelum bangun tidur adalah salah satu upaya orang zaman dahulu untuk mempertahankan kesehatannya.
Kini bagi beberapa orang yang bekerja dengan stamina penuh, mengonsumsi rebusan bawang putih dapat menjadi salah satu pilihan gaya hidup.

Mengutip dari laman Live Strong, bawang putih mengandung senyawa lain selain allicin seperti quercetin, sterol dan saponin.
Kandungan tersebut mampu bekerja sama dengan tubuh untuk menjaga kesehatan.
Bawang putih ampuh obati batuk dan Fly berat.
Obat Batuk & Flu
Batuk dan flu merupakan salah satu gangguan ringan yang seringkali dialami oleh banyak orang. Tak heran, berbagai cara akan ditempuh untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk menghilangkan batuk dan flu.
Jika suara Anda mulai terdengar sengau, hidung mengeluarkan gumpalan lendir (ingus), juga dahak yang berasal dari tenggorokan disertai demam, tandanya virus flu telah menyerang Anda.Manfaat rebusan bawang putih diklaim mampu mengobati batuk dan flu secara ampuh apabila juga diimbangi dengan gaya hidup yang bersih dan teratur.
Selain itu bawang putih juga dapat:
Memecah Kolesterol
Selain itu, manfaat rebusan bawang putih selanjutnya adalah mampu memecah kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh. Seiring berjalannya waktu, kolesterol hingga lemak jahat dapat mengendap dan menjadi penyakit apabila tidak segera diproses di dalam tubuh.
Dalam sebuah penelitian menjelaskan, mengonsumsi 10 gram bawang putih atau setara dengan 1-2 siung secara rutin disebut dapat menurunkan kolesterol dalam waktu dua bulan. Bagi penderita hipertensi, solusi ini patut dicoba.
Baik untuk Kesehatan Jantung
Manfaat rebusan bawang putih berikutnya yakni baik untuk kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Seperti yang telah diketahui, jantung merupakan organ terpenting bagi manusia untuk memompa darah hingga ke seluruh tubuh.
Untuk menjaga kesehatannya, cukup dengan mengonsumsi rebusan bawang putih dan melakukan pola hidup sehat. Dengan aliran darah dan jantung yang sehat, maka kualitas hidup pun juga tetap terjaga.
Menormalkan Gula Darah
Jika mempunyai riwayat gula darah yang tinggi, air rebusan bawang putih bisa jadi solusi yang tepat.
Studi dari Fakultas Sains di Universitas Kuwait menyebutkan jika air rebusan bawang putih bisa menurunkan kadar glukosa darah.
Menurunkan Tensi
Dilansir dari healthline, bawang putih sendiri memiliki khasiat yang tak terduga bagi kesehatan kardiovaskular. Salah satu penyakit mematikan di dunia ialah serangan jantung dan stroke yang dapat dipicu oleh hipertensi.
Selain dengan menerapkan pola makan yang sehat, solusi tepat untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengonsumsi rebusan bawang putih. Manfaat rebusan bawang putih yang satu ini diklaim mampu menurunkan tensi dalam waktu 24 minggu dengan takaran 600 hingga 1.500 mg.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Minta BPJS Jangan Persulit Pelayanan Kepada Masyarakat

Cara membuat air rebusan bawang putih
Untuk membuat air rebusan bawang putih caranya sangat sederhana.
1. Siapkan air 330 ml, didihkan di atas panci.
2. Kupas dan potong 3 siung bawang putih. Masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih selama 10.
3. Tunggu sampai benar-benar mendidih dan minum selagi hangat. #rid

Komentar Anda
Loading...