Dandrem 044/Gapo Jadi Irup Upacara Hari Pahlawan

10
Personel Korem 044/Gapo beserta jajaran menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Pahlawan bertempat di lapangan apel Makorem 044/Gapo dengan Inspektur Upacara Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono,Minggu (10/11).

Palembang, BP–Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019, personel Korem 044/Gapo beserta jajaran menggelar upacara bendera bertempat di lapangan apel Makorem 044/Gapo dengan Inspektur Upacara Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono,Minggu (10/11).

Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar.

Baca Juga:  Dua Pelaku Pengeroyokan dengan Sajam Ditangkap Polda Sumsel 

Peristiwa tersebut merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan – bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia.

Baca Juga:  Enam Unit Rumah Terbakar di Puncak Sekuning, Satu Wanita Tewas Terpanggang

“Peringatan Hari Pahlawan kali ini bertujuan membangkitakn semangat berinovasi bagi anak anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini,sebagaimana tema peringatan hari Pahlawan tahun 2019 ini,yaitu Aku Pahlawan Masa Kini,” kata Menteri Sosial RI Juliari P Batubara dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 044/Gapo.

Lebih lanjut, Mensos RI melalui amanatnya mengatakan, menjadi Pahlawan Masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia,dalam bentuk aksi aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI,seperti menolong sesama yang terkena musibah,tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum,tidak menyebarkan berita hoax,tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Baca Juga:  Hari Pahlawan dan Imbauan Jadi Pahlawan Masa Kini

Dalam Upacara peringatan Hari Pahlawan yang dihadiri oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 044/Gapo dan jajarannya ini, Mensos RI dalam sambutannya pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus menerus berupaya memupuk nilai Kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.#osk

Komentar Anda
Loading...