DPRD Sumsel Persoalan Anggaran KPU Sumsel, Banyak Lakukan Kegiatan Tidak Penting

24
BP/IST
Elianuddin HB

Palembang, BP

Anggota Komisi I DPRD Sumsel, Elianuddin HB menilai apa yang sudah dilakukan oleh KPU Sumsel pada tahapan Pilkada Gubernur Sumsel 2018 ini sudah keluar dari tugas pokok dan fungsi sebagai penyelenggara.
“KPU ini sudah ngawur, banyak kegiatan yang tidak penting dilakukan. Seperti contoh jalan santai bagi-bagi hadiah, terus acara pengundian nomor urut calonkada kemarin malah pake hotel, untuk apa itu? Itu kan salah, padahal bisa pake kantor,” tegas Elianuddin, Rabu (14/2).
Menurutnya, anggaran KPU Sumsel juga sangat besar jika dibandingkan dengan daerah lain di Pulau Jawa yang memiliki jumlah penduduk dan mata pilih yang lebih banyak.
“Lihat saja ke Banten, penduduknya 10 juta dengan mata pilih sekitar 8 juta penduduk hanya menganggarkan sekitar Rp270 Miliar. Sementara, Sumsel dengan 5,4 juta penduduk anggaran Pilgub mencapai Rp350 Miliar. Lihat dari perbandingan ini saja sudah sangat besar. Kami juga sudah sampaikan ke KPU Pusat, dan mereka juga heran dengan anggaran KPU Sumsel yang terkesan berlebihan. Harusnya BPKAD cek dulu apa saja peruntukkannya, jangan langsung tanda tangan,” jelasnya.
Masih kata dia, Komisi I juga tidak pernah terlibat dalam rapat penentuan anggaran penyelenggaraan Pilkada oleh KPU Sumsel.
“Yang jelas kami tidak terlibat dan tidak dilibatkan pada penentuan anggaran KPU Sumsel. Jadi kalau ada apa-apa kami tidak bertanggung jawab, silahkan saja untuk Kejaksaan dan Polisi jika ingin memeriksa laporan keuangan KPU Sumsel,” kata Politisi NasDem ini.
Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumsel, H Agus Sutikno yang sangat menyayangkan tindakan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel melakukan kegiatan yang bukan jadi prioritas utama sesuai tugas pokok dan fungsi KPU.
“Suksesnya pilkada itu kan memang tugas pokok dan fungsi KPU, tapi dengan menggelar acara di hotel mewah itu bukan prioritas. Karena saya lihat di beberapa daerah itu melakukan tahapan pemilihan kepala daerah hingga pengundian nomor urut pun digelar di kantor KPU sendiri,” ujar Agus, Rabu (14/2) siang.
Menurutnya, KPU harus lebih memikirkan kondisi keuangan Sumsel yang sedang memprihatinkan.
“Kita kan sekarang sedang susah keuangan, KPU malah buat acara yang tidak terlalu penting, seperti acara gerak jalan, gelar pengundian nomor urut di hotel,” imbuh Politisi PKS ini.
Oleh karena itu, pihaknya segera membahas masalah tersebut di Komisi III usai agenda kunjungan kerja (kunker) DPRD Sumsel.
“Nanti akan kita bicarakan lagi setelah kunker ini,” singkatnya.
Sementara, Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengatakan semua acara yang dilakukan KPU Sumsel sudah melalui perencanaan dan pertimbangan.
“Beberapa acara seperti pendaftaran dan penetapan calonkada sudah kita lakukan di kantor. Untuk penggunaan fasilitas hotel pada pengundian nomor urut calonkada itu tentu disesuaikan dengan anggaran yang sudah kita buat di awal penentuan anggaran oleh sekretariat,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (14/2).
Untuk anggaran penyelenggaran Pilgub Sumsel, kata Aspahani, mencapai Rp358 Miliar yang pada pengajuan sebelumnya mencapai Rp441 Miliar.
“Awalnya kita ajukan Rp441 Miliar namun dikoreksi menjadi Rp 358 Miliar. Tentu pengurangan itu sudah disetujui oleh DPRD baik Komisi 1 dan Komisi III,” pungkasnya.#osk

Komentar Anda
Loading...