Kemenkumham Sumsel Monev Satuan Kerja, Tinjau Standar Pelayanan Hingga Pengelolaan Anggaran dan BMN

3

PALEMBANG, BP-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan kembali melaksanakan monitoring terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada satuan kerjanya. Kepala Bagian Program dan Humas (Yulizar), beserta Kasubbag Program dan Pelaporan (Dedy Zulian), Kasubbag Keuangan dan BMN (Benni Risky) serta anggota meninjau Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP), serta Pengelolaan Keuangan serta BMN, pada Lapas Kelas IIA Tanjung Raja dan Lapas Kelas IIB Kayuagung.

Yulizar (21/10) mengatakan, Lapas Kelas IIB Kayuagung masih memerlukan beberapa data dukung yang diperlukan untuk memenuhi indikator sesuai Berita Acara Pengecekan Data Dukung PEKPPP. Sebagian besar sarpras telah dipenuhi, akan tetapi masih ada beberapa catatan yang harus segera dipenuhi. Sementara pada Lapas Kelas IIA Tanjung Raja, data dukung sudah dipenuhi namun membutuhkan beberapa perbaikan.

Baca Juga:  HP Keponakan Di Rampas, Tukang Ojek  Lapor  Ke Polrestabes Palembang

Komponen PEKPPP ini, lanjutnya adalah bagian dari standar pelayanan yang meliputi Jalur Pemandu (guiding block), Loket Prioritas, Ruang Laktasi, Area Parkir Khusus, Jalan Landai (ramp), Area Ramah Anak, Ruang Tunggu (tempat duduk dan area prioritas), Toilet Disabilitas, Alat Bantu Mobilitas, Alat Bantu Komunikasi dan Ruang tenang dan lain sebagainya.

Selain itu, pemantauan juga dilakukan pada manajemen aset, seperti tanah bangunan BMN di Lapas Kelas IIB Kayu Agung berupa bangunan gedung kantor, bangunan Blok, dan Rumah Negara.

Baca Juga:  Test Uji Akademik Penerimaan Terpadu Bintara Polri di Polda Sumsel Diikuti 1980 Peserta

Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti menambahkan, melalui tim di lapangan pihaknya juga memastikan pengadaan barang/jasa yang harus menggunakan e-katalog serta serapan realisasi anggaran termasuk Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Tahun 2024 ini terlaksana sesuai rencana penarikan dana yang disusun.
“Monev serupa juga dilanjutkan ke satuan kerja lain yaitu Lapas Kelas I Palembang dan Kanim Kelas I TPI Palembang. Harapannya realisasi anggaran khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan publik di lingkungan Kemenkumham Sumsel dapat terlaksana secara sistematis dan tertib tanpa adanya temuan”, tutupnya. #man/rel

Komentar Anda
Loading...