Puncak Peringatan HBI ke-74, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Tasyakuran

12

PALEMBANG, BP- Kanwil Kemenkumham Sumsel menggelar upacara bendera sekaligus tasyakuran puncak peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024, kegiatan berlangsung di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Jumat 26 Januari 2024.

Tema Hari Bhakti Imigrasi pada tahun ini adalah “Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi”.

Upacara dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya selaku Inspektur Upacara. Sementara bertindak selaku Perwira Upacara Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Junior Manerep Sigalingging, serta Komandan Upacara Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Harmans Junianto Takasiliang.

Adapun upacara di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Imigrasi Palembang maupun pegawai pada Kantor Wilayah serta pegawai Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di kota Palembang.

Dalam amanatnya, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly yang memberikan apresiasi atas berbagai capaian jajaran Imigrasi sepanjang tahun 2023 ini.

Baca Juga:  Tanpa Beri 'Fee', Proyek Tak Keluar

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas dedikasi dan pengabdian yang luar biasa. Mari kita jaga momentum positif ini untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta senantiasa menjaga integritas sebagai garda terdepan dalam menjaga pintu gerbang NKRI,” tutur Kakanwil saat membacakan Sambutan Menteri Hukum dan HAM.

“Pada tahun 2023 penerimaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Direktorat Jenderal Imigrasi mencapai 320% (tiga ratus dua puluh persen). Capaian realisasi PNPB hingga 31 Desember 2023 adalah 7,6 (tujuh koma enam) triliun rupiah, hal ini merupakan pencapaian terbesar dalam sejarah Direktorat Jenderal Imigrasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi berkontribusi dalam percepatan perekonomian nasional, ” Lanjut Kakanwil.

Baca Juga:  Kapolda  Sumsel Pantau  Karhutla di OKI

Dikatakan juga pada sambutan tersebut bahwa Produk kebijakan layanan keimigrasian lainnya yang akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat adalah Golden Visa.

“Penerapan kebijakan Golden Visa diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi asing masuk ke Indonesia. Disamping Golden Visa, kedepan akan dirumuskan turunan kebijakan izin tinggal keimigrasian seperti kemudahan proses alih status dalam rangka menciptakan iklim investasi yang kondusif dan menggairahkan bagi para investor asing,” tambahnya.

Menutup amanat, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr. Ilham Djaya menyampaikan pesan dari Menkumham kepada seluruh insan imigrasi untuk tetap memegang teguh prinsip serta tata nilai PASTI dan BerAKHLAK dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi serta pekerjaan sehari-hari.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran imigrasi yang telah mendukung perjalanan luar biasa Direktorat Jenderal Imigrasi. Mari kita terus bersatu, berkarya, dan menjadikan Direktorat Jenderal Imigrasi semakin baik dan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.” kata Kakanwil Ilham menutup amanatnya.

Baca Juga:  Berdamai, Polwan yang Dipukul Oknum TNI Tetap Lapor ke Denpom  

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024 dilaksanakan secara serentak baik di Tingkat Pusat,Kantor Wilayah, Atase dan Staf Teknis Imigrasi Perwakilan Luar Negeri dan Unit Pelaksana Teknis Imigrasi.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan peresmian dan pemecahan guci Mobil Kami Pasti Palembang, selanjutnya kegiatan tasyakuran dalam rangka hari bhakti imigrasi ke-74 yang digelar di Aula Yusuf Adiwinata Kanim Palembang.

Kakanwil Ilham Djaya juga mengapresasi para stakeholder yang turut hadir pada kegiatan ini, dianatara PJ. Gubernur Sumatera Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten 3 Pemprov Sumsel, para ka UPT Kota Palembang, serta para Forkopimda kota Palembang. #man/rel

Komentar Anda
Loading...