Reuni Akbar Lintas Angkatan FH UMP Digelar Pertama Kali

40
Alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang (FH UMP), untuk pertama kalinya menggelar Reuni Akbar Lintas Angkatan di Ballroom Sultan Convention Center, Palembang, Sabtu (20/1).(BP/udi)

Palembang, BP- Alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang (FH UMP), untuk pertama kalinya menggelar Reuni Akbar Lintas Angkatan di Ballroom Sultan Convention Center, Palembang, Sabtu (20/1).

Acara tersebut turut dihadiri diantaranya Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringati, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, Pj  Gubernur Sumsel di Wakili ,  Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sumsel Windri Marlenny, SH. MM dan para alumni dari berbagai daerah.
Ketua Panitia, Ridho Junaidi SH MH, menyampaikan bahwa 580 peserta terdaftar secara online, sementara 285 hadir secara manual untuk menciptakan momen silaturahmi yang dirajut oleh 865 peserta yang hadir.
Ridho menyampaikan rasa syukur atas respon positif dari para senior dan mengungkapkan bahwa pendanaan acara ini berasal dari peserta reuni dan sebagian besar dari sponsor.
Terima kasih disampaikan kepada Ketua Umum IKA FH UMP, Muhammad Arifudin, beserta panitia yang dengan semangat menyiapkan acara selama dua minggu.
Ketua Umum IKA FH UMP, Muhammad Arifudin SH MH, menyatakan kebahagiaannya karena acara dihadiri oleh 865 peserta, melampaui ekspektasi target awal 500an.
Dengan hampir 30 ribu alumni FH UMP tersebar di seluruh Indonesia, Arifudin berharap alumni dapat berkontribusi dalam pembangunan yang ada.
“Sekedar informaai, IKA FH UMP baru terbentuk dan pengukuhan bulan Desember lalu, hal ini sebagai wadah alumni UMP yang tersebar 30 ribuan di Indonesia dan berperan pembangunan ada DPRD, yudikatif dan legislatif. Mement silahturahmi sebagai ajang tukar pikiran bantu membantu dalam berpartisipasi membangun Indonesia dari Palembang untuk Indonesia, ” jelasnya.
Diakuinya, saat ini juga IKA FH UMP membentuk komisariat di Jabotabek dan nanti juga akan membentuk komisariat di tempat lain, karena alumni IKA FH UMP tersebar se Indonesia.
“Nanti akan banyak kegiatan silahturahmi dan berperan dalam pembangunan Indonesia khususnya dari Hukum” katanya.
Sementara Dekan FH UMP Abdul Hamid Usman SH MHum menyatakan, rasa bangga dan senang, seluruh angkatan dari alumni Hukum UMP bergabung dalam reuni hari ini.
“Mudah-mudahan silahturahmi ini terus berlangsung masa mendatang.  Mengingat sangat banyak alumni hukum yang sudah sukses kerja, baik di militer, birokrat maupun kejaksaan. Salah satunya komandan CPM Kodam II Sriwijaya, Kepala Kantor pertanahan Riau, Kejari Prabumulih, kemudian Bungo, ketua PN Cikarang dan sebagainya, ” katanya.
Hamid sendiri menceritakan akan berdirinya FH UMP selama ini yang merupakan fakultas tertua di UMP saat ini.
“Diharapkan Fakultas Hukum tentu kedepan mengembangkan ilmu terkait alumni yang tersebar banyak, kedepan kegiatan di tingkatkan bentuk diskusi dan berkenan kedepan Fakultas Hukum mengundang alumni berkenan untuk memberi motivasi kepada adik-adik yang sedang belajar, ” katanya.
Sedangkan Sekretaris alumni dan mewakili Rektor UMP,  Yudha Mahrom menyambut baik dan selamat dengan bersilahturahmi siang sampai sore ini bagian keluarga alumni FH UMP.
“Kedua kita mengucapkan selamat kepada M Arifudin jadi pengurus dan selamat sudah menyelenggarakan alumni akbar seperti ini. Kalau jumlah alumni Fakuktas Hukum sekitar 30 ribuan, karena fakultas tertua. IKA UMP sarana silahturahmi,  curhat dan sebagainya, termasuk alumni yang akan maju sebagai caleg bisa dibantu nantinya, ” katanya.
Sebelumnya  Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang berdiri pada tahun 1963 dimulai dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Filsafat Kemuhammadiyahan (FHFM) yang pada mulanya didirikan oleh tokoh-tokoh muda Muhammadiyah yaitu Drs. Djakfar Murod dan Drs. Fachri Bastari.
Pada awal berdirinya Fakultas Hukum dan Filsafat Kemuhammadiyahan dipimpin oleh, Dekan K.H. Masyur Azhari dan Sekretaris Drs. M. Djakfar Murod. Dengan mahasiswa ketika itu tidak lebih dari 20 orang.
Pada tahun 1965 Fakultas Hukum dan Fisalfat Kemuhammadiyaan berubah nama menjadi Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan (FHIK) cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Selanjutnya pada tanggal 28 Januari 1974 berunah lagi menjadi Sekolah Tinggi Hukum Muhammadiyah (STIH Muhammadiyah) dengan kampus berada di kawasan jalan kolonel Atmo.
Dengan perkembangan yang sangat pesat kemudian mendirikan kampus di kawasan seberang ulu (kampus sekarang). Selanjutnya seiring dengan telah berdirinya Universitas Muhammadiyah Palembang, pada tanggal 9 maret 1984 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Palembang menjadi Fakultas Hukum sesuai dengan surat keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 090/O/1984.#udi
Baca Juga:  IKA UT Ajak Masyarakat Donor Darah
Komentar Anda
Loading...