Kakanwil Kemenkumham Sumsel: Wujudkan Laporan Keuangan yang Akuntabel dan Transparan

12

PALEMBANG, BP-Guna mewujudkan pertanggungjawaban laporan keuangan negara yang transparan dan akuntabel, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya membuka secara resmi kegiatan Pra Rekonsiliasi Laporan Keuangan dan Pemutakhiran Data Barang Milik Negara (BMN) Periode Semester II Tahun Anggaran 2023, Selasa pagi, 11 Januari 2023.

“Setiap pelaksanaan anggaran di satker merupakan tanggung jawab penuh dari Kepala Satker (KPA), bukan operator keuangan. Maka sinergitas antar KPA dan Operator harus berjalan baik,” ujar Ilham dihadapan 28 Kepala Satuan Kerja se-Sumatera Selatan.

Baca Juga:  Empat Warga Ditangkap Polisi, Diduga Palak Sopir Truk

Dijelaskan Mantan Kalapas Merah Mata itu bahwa kegiatan ini sangat penting guna menyamakan persepsi dalam menyusun laporan keuangan yang transparan, akuntabel dan tepat waktu.

“Giat ini adalah salah satu upaya Kementerian Hukum dan HAM agar mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diperoleh sebanyak 14 kali berturut-turut di tahun sebelumnya, melalui penyajian laporan keuangan yang berkualitas berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP),” tegas Kakanwil.

Baca Juga:  Pelarian Kasus Pembunuhan di Jabar Ini di Tangkap  di Jalintim Palembang-Betung

Lebih lanjut, Kakanwil Ilham juga mengajak jajaran agar mempedomani Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan peningkatan penggunaan Produk dalam Negeri (PDN) dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi.

“Kepada KPA/PPK agar dapat segera merealisasikan belanja pengadaan barang/jasa secara e-Purchasing dan melakukan publikasi Katalog Elektronik Sektoral kepada pelaku usaha. Dengan semangat bersama, mari kita songsong 2024 ini dengan keyakinan sepenuh hati untuk torehkan prestasi,” semangatnya.

Baca Juga:  Pangdam II Sriwijaya dan Kadiv TMC BNPB Ikut Semai Kapur di Jambi dan Sumsel

Kegiatan Pra Rekonsiliasi Laporan Keuangan dan Pemutakhiran Data BMN diikuti oleh 71 orang peserta terdiri dari para operator keuangan satker dan Kantor Wilayah, yang dipandu langsung oleh Tim Pendamping dari Biro Keuangan Sekretariat Jenderal, Biro Pengelolaan BMN dan Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Jenderal, serta Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Mengakhiri kegiatan, dilakukan Penyerahan DIPA Secara Simbolis dari Kepala Kantor Wilayah kepada 4 (empat) Kepala Divisi jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel. #man/rel

Komentar Anda
Loading...