TACB Kota Palembang Rekomendasikan  Gedung Walikota,   Gedung Kejaksaan Pertama  dan Museum SMB II Jadi Cagar Budaya

838
Setelah melalui rapat, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) kota Palembang merekomendasikan Gedung Ledeng (Kantor Walikota Palembang), Gedung Kejaksaan Pertama Palembang  di Jalan Telaga,  kawasan Kambang Iwak Kecik dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II untuk ditetapkan oleh Pj Walikota Palembang sebagai bangunan cagar budaya peringkat  kota Palembang di di ruang Pamong Budaya, Dinas Kebudayaan kota Palembang, Selasa (19/12). (BP/udi)

Palembang, BP– Setelah melalui rapat, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) kota Palembang merekomendasikan Gedung Ledeng (Kantor Walikota Palembang), Gedung Kejaksaan Pertama Palembang  di Jalan Telaga,  kawasan Kambang Iwak Kecik dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II untuk ditetapkan oleh Pj Walikota Palembang sebagai Bangunan Cagar Budaya peringkat  kota Palembang di di ruang Pamong Budaya, Dinas Kebudayaan kota Palembang, Selasa (19/12).

Rekomendasi di putuskan oleh Tim TACB kota yang  terdiri dari Dr. Wahyu Rizky Andhifani, S.S., M.M.(Ketua), Ar. Evy Apriani, S.T., M.Si., IAI (Sekretaris), Kemas Abdul Rachman Panji, S.Pd., M.Si. (Anggota), Nyimas Ulfah Aryeni, S.S., M.Si (Anggota), Dr. Jumanah, S.H., M.H (Anggota) , Wanda Lesmana, S.Pd., M.Pd (Anggota) dan Muhammad Iqbal, S.H.

Juga hadir Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Bapak Agus Rizal, AP, M.Si., perwakilan Dinas Kebudayaan kota Palembang Kepala Bidang Cagarbudaya dan Museum Dinas Kebudayaan kota Palembang , perwakilan Kejaksaan Negeri Palembang, perwakilan BPKAD kota Palembang.

Baca Juga:  Tahun 2020 , Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Cenderung Alami  Pengulangan Di Tahun 2019

Ketua TACB Kota Palembang Dr. Wahyu Rizky Andhifani, S.S., M.M didampingi juru bicara TACB Kota Palembang Kemas Abdul Rachman Panji, S.Pd., M.Si menjelaskan  dari 18 Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB ) hanya 3 ODCB yang direkomendasikan menjadi Cagar Budaya (CB).

“3 ini yang sudah fix karena datanya sudah lengkap,” katanya.

Selan itu hasil sidang TACB ini diserahkan Rekomendasinya kepada Pj. Walikota Palembang melalui Dinas Kebudayaan Kota Palembang untuk di SK-kan.

“Kita cuma memasukkan data dari data kajian ini ke format kementrian dan mudah-mudahan tahun depan sisanya masuk semua  ditambah yang lain bisa dimasukkan  seperti Rumah Dinas Walikota Palembang, Gedung Kesenian Palembang dan Gedung Tekstil, dll.” katanya.

Baca Juga:  Pembobol Rumah Kosong yang Ditangkap

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Bapak Agus Rizal, AP, M.Si yang membuka rapat TACB kota Palembang  menjelaskan dari 18 Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) hari ini akan direkomendasikan menjadi 3 CB  berdasarkan kesepakatan oleh TACB kota Palembang.

“Dengan formasi TACB yang baru ini bisa memberikan semangat untuk terus bekerja, karena cagar budaya  ini tanggungjawab kita bersama, bukan  tanggungjawab pemerintah saja  tapi juga  dari masyarakat dan dari pihak swasta dan sebagainya dan juga TACB,” katanya.

Menurutnya setelah sidang ini rekomendasinya akan di laporkan  dan diserahkan ke PJ Walikota Palembang sebagai kinerja awal TACB kota Palembang minggu depan.

“ Karena diamanat dalam undang-undang CB, paling lambat 30 hari kedepan pasca disidangkan harus mendapatkan SK penetapan dari  Walikota Palembang, ini tanggungjawab kita, jadi waktu 1 bulan sangat memepet makanya setelah di tetapkan, minggu ini kita serahkan rekomendasi ini ke Walikota Palembang dan setelah ditetapkan dapat cepat ditindaklanjuti kawan-kawan bidang hukum sehingga punya legal standing, kalau sudah ada SK Penetapan Walikota  sudah kuat kalau tadinya ODCb sudah resmi menjadi Cagar Budaya peringkat kota Palembang,” katanya.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Minta Data Penerima Bansos di Sumsel di Perbaharui

Dan dari peringkat kota Palembang ini bisa saja nantinya dinaikkan statusnya ke peringkat CB Provinsi atau Nasional sesuai tahapannya.

“ Seperti Kantor Ledeng bukan hanya peringkat kota saja kalau bisa menjadi peringkat nasional, ini harapan kita semua,” katanya.

Jika sudah ditetapkan menjadi cagar budaya kota Palembang menurut Agus harus di dorong agar objek cagar budaya lainnya di Palembang juga di tingkatkan statusnya hingga nasional.#udi

 

 

 

 

 

Komentar Anda
Loading...