Kantor Imigrasi Palembang Layani Pembuatan Paspor bagi Orang Sakit di RS Charitas Palembang

25

PALEMBANG, BP-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan selalu berkomitmen memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menerima pelayanan publik. Salah satu bentuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat adalah dengan dibuatnya layanan SIBANGKIT (Pelayanan Keimigrasian Bagi Orang Sakit) yang merupakan inovasi dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang.

Kali ini Kanim Palembang kembali melakukan layanan SIBANGKIT bertempat di Rumah Sakit RK Charitas Palembang, Selasa (24/10). “Dengan layanan SIBANGKIT ini, masyarakat yang sedang dalam kondisi sakit tidak perlu datang langsung ke Kantor Imigrasi untuk menerima layanan, karena pegawai Kanim yang akan secara langsung memberikan layanan ke Rumah Sakit,” ungkap Kakanim Palembang Mohammad Ridwan dalam keterangannya.

Baca Juga:  KPK Minta Komitmen Kepala Daerah dan DPR Papua Serius Berantas KKN

Lebih lanjut Ridwan menjelaskan bahwa untuk mendapatkan layanan ini, keluarga pemohon yang sakit terlebih dahulu melakukan permohonan secara tertulis kepada Kepala Kantor Imigrasi untuk dilakukan layanan SIBANGKIT di RS dengan melampirkan surat rekam medis dan rujukan dokter RS agar petugas diperbolehkan untuk melakukan layanan di dalam RS sesuai protokol kesehatan yang ada.

Baca Juga:  Polsek Kemuning  Amankan Miras , Sajam Hingga Petasan di Bulan Ramadhan

“Selanjutnya, pegawai Kanim akan datang langsung ke RS yang bersangkutan untuk dilakukan pengambilan biometrik sidik jari, foto, dan wawancara kepada pemohon yang sedang sakit,” lanjut Ridwan.

Di tempat terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya mengapresiasi langkah yang dilakukan Kanim Palembang ini. Ilham mengatakan ini merupakan wujud nyata Kanwil Kemenkumham Sumsel melalui Kantor Imigrasinya dalam memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada masyarakat.

Baca Juga:  Sopir Angkot Tewas Ditusuk di Pangkal Jembatan Ampera 

“Hal seperti ini harus terus secara konsisten dilaksanakan, agar semakin banyak masyarakat yang dimudahkan dalam memperoleh pelayanan dari Kanwil Kemenkumham Sumsel. Juga sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik kita kepada masyarakat” ungkap Kakanwil.

Perlu diketahui, selain layanan SIBANGKIT ini, Kanim Palembang juga telah menelurkan berbagai inovasi terkait layanan keimigrasian, seperti Laksan ( layanan keimigrasian di akhir pekan), Lakso (layanan keimigrasian on the spot), serta Belida (Beri layanan tanpa jeda). #man/rel

Komentar Anda
Loading...