Polda Sumsel Siapkan 100 Personel Tambahan,   Padamkan Karhutla di OKI

24

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK (BP/IST)

Palembang, BP- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan 100 personel tambahan, untuk memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah OKI.

 

“Kita menyiapkan personel tambahan selama 10 kedepan mereka akan bertugas, untuk memperkuat 360 personel yang sudah ditugaskan terlebih dahulu,” ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, Minggu (1/10).

 

Ia menjelaskan, bahwa wilayah OKI menjadi prioritas dalam pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pasalnya akibat kejadian itu asap dari wilayah OKI terbawa angin ke arah kota Palembang.

 

Baca Juga:  Sumsel Pilihan Utama Lokasi Industri Baru

“Kita juga mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI, yang menyediakan 10 buah pompa air portabel, 50 buah selang,” katanya.

 

Kemudian ada juga masker dan kacamata anti asap (masing-masing 100 buah), dan uang makan personel dengan indeks Rp100 ribu per orang per hari, selama 10 hari.

 

Untuk sasaran pemadaman terutama di laksanakan di daerah Jungkal, Tulung Selapan, Pampangan, Cengal dan Pedamaran. “Nantinya personel kita akan di bawah kendali Dandim, Kapolres OKI dan Kepala BPBD OKI,” terangnya.

 

Bupati OKI dapatnya menggerakan Camat dan Kepala Desa untuk bersama-sama dengan TNI, Polri dan BPBD utk memadamkan api yang asapnya terbawa angin ke arah Kota Palembang.

Baca Juga:  Diduga Terpapar Kabut Asap, Bayi Berusia 4 Bulan Meninggal Dunia 

 

“Kita juga menginstruksikan kepada Kaporlestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono agar mengerahkan 100 orang personelnya,” akunya.

 

Hal ini untuk membantu wilayah perbatasan dengan Ogan Ilir, dengan menyiapkan mobil Damkar dan mobil tangi air dari Pemerintah Kota Palembang.

 

Bupati Ogan Ilir juga akan memberikan dukungan yang sama, berupa peralatan pompa air, selang pemadam kebakaran, masker dan kacamata anti asap, dan uang makan personel dengan indeks Rp100rb per orang per hari, selama 10 hari.

Baca Juga:  Gambo Muba, Gambir dan Menyirih

 

Kapolres OKI dan Kapolres OI agar mengawal bantuan dari Bupatinya masing-masing agar dipastikan sesuai jenis dan jumlah barang yang disediakan serta didistribusikan kepada pasukan yang bertugas

 

“Saya sedang mencari jalur ke Kementerian Sosial untuk dapatnya menyediakan Tenda Lapangan, Field Bed, Dapur Lapangan, Obat-obatan, Air Minum dan kebutuhan lain yang akan mendukung pelaksanaan tugas anggota di Lapangan,” katanya.#udi

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda
Loading...