Massa Koalisi Peduli Tambang  Minta Pemkab  dan DPRD Muba Dukung  Iklim Investasi

36
Ratusan orang yang menamakan dirinya koalisi Pekerja –Sopir Tambang , Mahasiswa dan Pemuda Muba Peduli Tambang, Yang terdiri dari Pekerja/Buruh dan Sopir Tambang, Mahasiswa dan Pemuda Muba mendatangi Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Muba “ untuk menyampaikan aspirasi, Selasa (26/9).(BP/IST)

Palembang, BP– Ratusan orang yang menamakan dirinya koalisi Pekerja –Sopir Tambang , Mahasiswa dan Pemuda Muba Peduli Tambang, yang terdiri dari Pekerja/Buruh dan Sopir Tambang, Mahasiswa dan Pemuda Muba mendatangi Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Muba “ untuk menyampaikan aspirasi, Selasa (26/9).

Aksi demontrasi ini sebagai respon terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh Gempita (Generasi Muda Peduli Tanah Air) pada hari kamis tanggal (23/9) lalu di Kantor Gubernur Sumsel  dengan isuue mendesak Gubernur Sumsel dan Bupati Muba untuk menutup aktivitas tambang dan jalan tambang Kabupaten Muratara dan Kabupaten Muba

“Menurut kami aksi LSM Gempita tersebut adalah upaya untuk mengalihkan issue yang diduga ada aktor dibelakang layar yang terindikasi kuat ada kepentingan Pihak PT. Sentosa Kurnia Bahagia (PT. SKB) yang terkesan kuat mencoba menganggu Kegiatan penambangan dan angkutan tambang yang telah beroperasi sepuluh tahun lebih,” kata koordinator aksi Prasetya SH

Baca Juga:  Harga Ikan Gabus Masih Stabil

Menurutnya aksi ini lakukan sebagai wujud solidaritas dan untuk membela kepentingan banyak pihak (Buruh/pekerja, penjual makanan, dll) yang menggantungkan hidupnya di sektor pertambangan.

“Kami menduga ada penyimpangan dan penggiringan issue yang terkesan kuat untuk menggiring DPRD Muba dan Bupati Muba agar mempersoalkan jalan tambang yang ada di Muba, yang sejatinya Upaya Penggiringan issue ini diduga dilakukan oleh Oknum pihak PT. SKB. Mengarahkan permasalahan ke Sektor tambang dan seolah olah Membenarkan kegiatan PT. SKB yang selama ini melakukan penanaman dan pekebunan sawit yang masuk wilayah Kabupaten Muratara,” katanya.

Baca Juga:  Pendampingan Pembuatan Buku Saku Pariwisata Sejarah dan Budaya Kota Palembang Bagi HPI  Cabang Palembang Sukses Digelar

Dia berharap Pemkab Muba dan DPRD Muba mendukung dan membantu iklim investasi.

 “Artinya Pemda Muba dan DPRD Muba Sebaiknya memberikan Perlindungan Khusus pada sektor tambang/jalan tambang, jangan ada gangguan sedikitpun karena ribuan orang bergantung pada Industri tambang tersebut dan sebagiannya ada warga masayarakat Muba itu sendiri,” katanya.

Sementara itu Korlap Aksi , Suryadharma menambahkan , pihaknya  mendesak DPRD Muba jangan mau diperbudak oleh oknum – oknum yang diduga dibiaya oleh pihak tertentu.

Baca Juga:  Bersama Daerah, DPD RI Terus Maju

“DPRD jangan mencari-cari kesalahan PT. MMJ (Jalan Tambang) dan DPRD jangan terlalu memihak kepada pihak PT. SKB yang tidak mengetahui kebenarannya dan ribuan karyawan bergantung hidup kepada Perusahaan pertambangan ini. Untuk itu kami menuntut kepada pihak DPRD untuk Netral dan berpihak pada kami ribuan pekerja/karyawan dan sopir angkutan tambang yang bekerja untuk anak dan istri” katanya.

Massa akhirnya diterima perwakilan Pemkab Muba, Uganda dan  Perwakilan DPRD Muba Husin yang akan meneruskan tuntutan massa ke pimpinnya.#udi

Komentar Anda
Loading...