Atraksi Barongsai Liong Hok Say Meriahkan , Tasyakuran Khitan Cucu Kombes Pol Purn Drs H Teguh Prayitno CH

244
Kombes Pol Purn Drs H Teguh Prayitno CH bersama istri dan cucu (BP/Udi)

Palembang, BP – Tiga Barongsai Liong Hok Say dari Puncak Sekuning Palembang berwarna kuning emas, merah dan putih meliuk-liuk dihadapan penonton di sela-sela acara , tasyakuran khitan Cucu Kombes Pol Purn Drs H Teguh Prayitno CH yaitu Wisaka Alvarendra Guntoro (Putra dari Dr Cahyo Guntoro dan Dr Adelian Nova Prahasary dan Bimasuta Mahardika Hartono ( Putra dari AKP Seno Hartono STrK. Sik dan Silvina Dwijasisca SE di lapangan sepak bola Jirak, Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (14/8) pagi.
Suara tetabuhan drum menggema di sekeliling lapangan hingga terdengar jauh ke ujung jalan raya.
Puluhan warga tampak berdesak-desakan untuk menyaksikan atraksi dari tiga Barongsai yang sedang meliuk-liuk dengan lincahnya.
Keheningan terjadi ketika Barongsai berwarna kuning emas hendak melompat melewati pucuk kepala Barongsai lain, pengunjung yang menyaksikan terdiam sejenak menghela nafas…
Kemudian Barongsai berwarna kuning keemasan itu kembali menggeliat seraya bangkit melompat-lompat seperti terbang.
Dari mulut Barongsai itu terdapat sebuah lembaran amplop berwarna merah yang didapat dari para penonton, sementara dari belakang tampak menggoyang-goyangkan ekornya tanda berhasil. Sontak saja, aksi spektakuler itu mengundang decak kagum penonton yang berjejer di pinggir jalan.
Para barongsai ini juga sempat berkeliling dan beratraksi di sekitar lapangan Jirak termasuk di halaman rumah sang pemilik acara Kombes Pol Purn Drs H Teguh Prayitno CH yang jaraknya tak begitu jauh dari lapangan Jirak, warga yang berada di sekitar halaman rumah Kombes Pol Purn Drs H Teguh Prayitno CH sambil tersenyum dan tertawa memasukkan amlop merah berisi uang ke mulut barongsai yang sempat menampilkan atraksinya didepan warga tersebut.
Suara gemuruh terdengar diiringi dengan tepuk tangan dan kilatan lampu kamera setiap atraksi barongsai yang ditampilkan tersebut. Sesekali warga menyempatkan berpoto bersama barongsai.
Sekilas atraksi mereka mirip dengan aksi Jet Li dalam film Once Upon a Time in China, saat tokoh Wong Feihung bersama beberapa muridnya melakukan tarian Barongsai melawan musuh. Meski yang dilakukan tiga Barongsai itu dalam skala kecil, namun penampilan mereka sangatlah menarik untuk disaksikan.
Bagi Kombes Pol Purn Drs H Teguh Prayitno CH penampilan tiga barongsai tersebut , dia ingin menunjukkan kepada masyarakat salah satu budaya dari etnis tionghoa di desanya.
“ Ini barongsai yang namanya Liong Hok Say , pertama kali kami hadirkan di Kecamatan Jirak Jaya ini untuk memperkenalkan salah satu budaya dari etnis tionghoa yang disini juga sudah banyak reog dan barongan asli dari Jirak,” katanya.
Selain itu dengan menampilkan Barongsai ini dirnya ingin memperkenalkan budaya lain dari masyarakat supaya Kecamatan Jirak Jaya ini nanti mengerti ini adalah salah satu rekan kita juga memberikan hiburan kepada rakyatnya.
Mengenai acara hari ini, menurut Teguh , hari ini adalah tasyukuran khitan cucunya atas nama Wisaka Alvarendra Guntoro berumur 8 dan Bimasuta Mahardika Hartono berumur 6 .
“ Jadi ini rasa syukur kami kepada Allah SWT yang pada hari ini melaksanakan syukurannya,”kata mantan Direktur Narkoba Polda Sumatera Selatan (Sumsel) ini.
Disamping itu pihaknya melakukan kegiatan dalam rangka HUT RI ke 78 di lapangan sepak bola Jirak, Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).
Dalam acara ini dirinya sengaja menghadirkan kesenian barongsai yang memang baru pertama kali ditampilkan di Desa Jirak ini .#udi

Komentar Anda
Loading...