Kepengurusan  Forwida Sumsel Periode 2023-2027 Dikukuhkan, Agustus, 2023 , Kembali Gelar Festival Seguntang Ulu Melayu

171
Wagub Sumsel H Mawardi Yahya saat mengukuhkan kepengurusan  Forum Pariwisata dan Budaya (Forwida) Provinsi Sumatera Selatan Periode 2023-2027 di auditorium  Graha Bina Praja, Pemprov Sumsel, Jumat (5/5).(BP/IST)

Palembang, BP- Semakin tergerusnya budaya dan kearifan lokal termasuk di Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi keperihatinan  Wakil Ketua Pembina Forwida Sumsel sekaligus Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya.

“Kita harus pertahankan terus budaya dan seni kearifan lokal, terkadang diambil oleh orang luar maka kita harus pelihara dan harus menjaga. Maka untuk itu organisasi ini butuh dukungan dari para donatur guna mensukseskan kegiatan. Jadi butuh kepercayaan dengan adanya pertanggungjawaban,” katanya saat mengukuhkan kepengurusan  Forum Pariwisata dan Budaya (Forwida) Provinsi Sumatera Selatan Periode 2023-2027 di auditorium  Graha Bina Praja, Pemprov Sumsel, Jumat (5/5).

Hadir Ketua Umum Forwida Sumsel   Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi., MT., CIAP dan jajaran pengurus yang dilantik, Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn, Kadisbudpar Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi, Ketua Forwida Kab/Kota dan Kepala OPD Provinsi  Sumsel.

Baca Juga:  Fisik Jalan tol Kapal Betung Capai 80 Persen Untuk Ruas Kayu Agung- Jakabaring

“Saya berharap Forum Pariwisata dan Budaya untuk Sumatera Selatan, Forwida selalu mengembangkan organisasi salah satunya dengan merangkul generasi muda yang ada di Sumatera Selatan agar memiliki kepedulian sehingga muncul kecintaan terhadap pariwisata dan budaya daerahnya,” kata Wagub Mawardi Yahya (MY).

MY berharap, tentunya masyarakat Peduli Pariwisata dan Budaya yang tergabung dalam Forwida Sumsel, dapat menjadi organisasi dan mitra pemerintah dengan memberikan dukungan dalam pembangunan terutama dalam mengerahkan potensi dan sumber daya yang ada untuk bergerak bersama dengan pemerintah untuk terus maju dan berkembang dalam ikut mengabdikan diri mengembangkan dunia pariwisataan kebudayaan di Indonesia pada umumnya serta di Provinsi Sumatera Selatan khususnya.

“Dengan dikukuhkannya kepengurusan yang baru, maka diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi seluruh anggota Forwida  dalam mengembangkan pariwisata dan kebudayaan Sumatera Selatan,” katanya.

Baca Juga:  Pesan Landasan Jembatan Ogan ke Jerman

Sedangkan Ketua Umum Forwida Sumsel   Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi., MT., CIAP mengatakan, pengukuhan pengurus Forwida kali ini juga ikut di kukuhkan kepengurusan Forwida di 17 kabupaten kota.

“ Sejak tahun 2019 sampai tahun 2023  kita sudah cukup banyak melakukan kegiatan seperti menggelar Festival Seguntang Ulu Melayu setelah terjadi Covid-19  namun  kami tetap melaksanakan  banyak FGD dan ikut berbagai pameran didukung bapak kepala dinas, bapak Aufa kami ucapkan terima kasih,” katanya.

Selain itu pihaknya banyak melakukan pelatihan seperti pelatihan pembuatan tanjak , pembuatan gandik, pelatihan huruf kagangan, pembuatan kain munawaroh.

“ Tahun ini Forwida telah menginisiasi  pendirian Pusat Kajian Melayu Nusantara dengan diketahui Dr Deri Irwanto dan didalamnya  ada bapak Wahyu, ada Kepala Disbudpar, bimbingan bapak Toni Panggarbesi dan dari  Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn,” katanya.

Baca Juga:  Bina Kampung Iklim di Musi Rawas Utara, KKKS Seleraya Merangin Dua Raih Penghargaan dari Gubernur Sumsel

Tahun ini pihaknya merancang draft kalender kegiatan tahunan Forwida bersama kabupaten kota untuk melestarikan kebudayaan , mempertahankan kelangsungan cagar budaya , meningkatkan kearifan lokal termasuk bedah buku, Festival Dul Muluk dan lain-lain yang aka disinergikan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota di Sumsel.

“ Sedangkan Festival Seguntang Ulu Melayu tahun 2023  akan kami laksanakan sekitar bulan Agustus yang dipusatkan di kota Palembang dan tetap di Sekretariat Forwida dengan melakukan banyak lomba-lomba dan melakukan seminar nasional ,” katanya.#udi

 

 

 

 

Komentar Anda
Loading...