Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Penyerahan Zakat Fitrah Pegawai Kemenkumham ke Baznas

60

PALEMBANG, BP- Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menyaksikan secara virtual kegiatan Penyerahan Hasil Zakat Fitrah Pegawai di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Senin (17/4).

Hasil zakat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Eddy O.S Hiariej kepada Ketua Baznas Republik Indonesia, Noor Ahmad.

Dalam sambutannya, Wamenkumham Eddy menyampaikan bahwa kegiatan ini sesuai dengan instruksi Presiden RI kepada seluruh pejabat negara, BUMN, swasta, hingga para kepala daerah untuk turut menunaikan zakat melalui amil zakat resmi.

Perolehan zakat fitrah yang dikumpulkan dari seluruh pegawai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tahun ini mencapai Rp 1.453.917.072 (Satu Miliar Empat Ratus Lima Puluh Tiga Juta Sembilan ratus Tujuh Belas Ribu Tujuh Puluh Dua Rupiah).

Baca Juga:  Tempat Pengepul BBM Solar di Kawasan Karya Jaya Terbakar

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Eddy O.S Hiariej mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah menunaikan kewajiban berzakat melalui BAZNAS ini.

“Patut kita syukuri bahwa perolehan zakat sampai dengan hari ini Senin 17 April 2023 Pkl.06.00 WIB adalah sebesar Rp. 1.453.917.072 (Satu Miliar Empat Ratus Lima Puluh Tiga Juta Sembilan ratus Tujuh Belas Ribu Tujuh Puluh Dua Rupiah) dimana perolehan tahun ini lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp.1.215.912.482 (Satu Miliar Dua Ratus Lima Belas Juta Sembilan Ratus Dua Belas Ribu Empat Ratus Delapan Puluh Dua Rupiah)”, ujarnya.

Baca Juga:  Buron 4 Tahun, Terpidana Korupsi Pembangunan Jalan di Ponpes Dicokok

Wamenkumham Eddy mengatakan, sebelumnya para pimpinan Kemenkumham telah menghimbau ke seluruh pegawainya untuk menunaikan kewajiban berzakat, berbagi rezeki dan kebahagiaan melalui BAZNAS. Sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional dan teratur, serta berdampak baik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan dana zakat yang dihimpun BAZNAS ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya dalam kegiatan Penyerahan Zakat Fitrah ASN Kemenkumham kepada BAZNAS.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI, Noor Ahmad, mengatakan beberapa waktu yang lalu Presiden Joko Widodo telah meresmikan Gerakan Cinta Zakat, yang mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak, dan sedekah, dan memastikan penyalurannya tepat sasaran, betul-betul sampai pada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

“Dengan dicanangkannya Gerakan Cinta Zakat oleh Presiden Republik Indonesia 2 (dua) tahun lalu, perolehan zakat pada saat ini meningkat rata-rata di angka 30 persen. Dan ruang lingkupnya tidak hanya meliputi Kementerian/Lembaga, bahkan merambah hingga ke generasi milenial,” ucap Noor Ahmad di Graha Pengayoman Kemenkumham.

Baca Juga:  FKMRP Desa Lebung Itam Lakukan Pemulihan Lahan Gambut Pasca Karhutla

“Alhamdulillah mudah-mudahan hari ini, dengan adanya pembayaran zakat fitrah oleh seluruh ASN di lingkungan Kemenkumham, dapat diikuti dengan kebiasaan untuk membayarkan zakatnya dan yang lainnya (infak dan sedekah)”, pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya turut didampingi Kadiv Administrasi Idris, Kadiv Pemasyarakatan Bambang Haryanto, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Parsaoran Simaibang, pejabat administrasi serta seluruh Panitia Pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah tahun 2023 Kanwil Kemenkumham Sumsel.#man/rel

Komentar Anda
Loading...