Bawaslu-PPATK Cegah Pencucian Uang Dana Kampanye Pemilu 2024 

180

SURABAYA, BP – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) bekerja sama mencegah tindak pidana pencucian uang, pelanggaran dan pengawasan dana kampanye  pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan (pemilihan kepala daerah) 2024.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan,  kerja sama ini penting dilakukan mengingat Bawaslu adalah penyelenggara pemilu yang menjalani fungsi pengawasan. Untuk itulah,  kerja sama dengan PPATK ini untuk mengantisipasi  potensi pelanggaran  sejak dini.

Baca Juga:  Bawaslu Sumsel Terima Hasil DPT Perbaikan
Ia menjelaskan,  beberapa klausul lingkup kerja sama ini akan digunakan sebagai pedoman pengawasan di lapangan, seperti pertukaran informasi, penelitian dan sosialisasi.
“Dalam poin pertukaran informasi, Bawaslu akan memberikan hasil kajian pengawasan dan penelitian kepada PPATK mengenai indikasi pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan yang diduga dilakukan  peserta pemilu, penyelenggara pemilu dan pihak
terkaitm,” kata Bagja, dilansir dalam laman resmi Bawaslu, Kamis (9/2/2023).

Dijelaskannya,  untuk penelitian dan sosialisasi Bawaslu dan PPATK  bersama-sama atau sendiri-sendiri bekerja sama dalam bentuk penelitian dan sosialisasi, terkait pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang. Lalu  kerja sama  penindakan pelanggaran dan pengawasan dana kampanye pada Pemilu dan Pemilihan 2024.

Baca Juga:  Golkar Sumsel Siapkan  Ribuan Saksi di TPS Untuk Pileg dan  Pilpres 2024

“Penandatangan kerja sama  Bawaslu dan PPATK ini  bentuk konkret  mewujudkan pemilu  adil, transparan, akuntabel dan berintegritas,” ucap dia.

Sebelumnya Plt Sekjen Bawaslu La Bayoni mengungkapkan, maksud dan tujuan Bawaslu melakukan agenda tersebut, salah satunya penguatan dan sinergitas aspek pencegahan, pengawasan, hubungan antar lembaga, partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat dalam tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih tetap pemilu tahun 2024.

Baca Juga:  Rakorda MPO, Golkar Ogan Ilir Utus Tiga Kadernya

Outcome  agenda ini diharapkan menghasilkan daftar pemilih  berkualitas,” ia menerangkan.#gus

Komentar Anda
Loading...