Tiga Siswa SMK 5 Palembang Timbah Ilmu di BeritaPagi

305

PALEMBANG, BP – Sebanyak 15 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Palembang kelas XI mulai menjalani Praktek Kerja Industri (Prakerin) di beberapa media online dan elektronik. Tiga di antaranya menjalani Prakerin di media BeritaPagi, yang berada di Jl. Hangjebat No. 11, 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat Dua, Rabu (1/2/2023).

Di hari pertama magang, ketiga siswa Dani Yuliansyah, M Firmansyah dan M. Owen Alfarizy, didampingi guru pembimbing, Lestari Hidayati S.Pd. Rombongan diterima Sekretaris BeritaPagi M. Rizal Effendi dan Redaktur Agustian Pratama.

Dalam kesempatan ini, Lestari Hidayati S.Pd, menyampaikan, jika di SMK 5 Palembang, siswa yang duduk dikelas XI sudah mulai menjalani praktek di luar sekolah. Dengan harapan, siswa bisa menerapkan langsung ilmu yang mereka terima di sekolah dan belajar lebih banyak lagi dimana mereka magang.

Baca Juga:  Kenalkan Dunia Wartawan, SMK 5 Buka Ekskul Jurnalistik

“Siswa kita ada 15 orang yang magang. Mereka ada yang di kantor media online dan ada juga di media elektronik,” ucapnya.

Ketiga siswa secara simbolis ‘diserahkan’ kepada BeritaPagi untuk dibimbing.

 

Untuk BeritaPagi sendiri, SMK 5 Palembang menitipkan tiga siswa. Selama duduk di bangku sekolah, ketiga siswa sudah mulai dibekali kemampuan dalam jurnalistik dan podcast.

“Kami mohon bimbingannya, sebab ketiga siswa ini masih perlu banyak belajar lagi dan terimakasih telah bersedia menerima dan mau membimbing anak didik kami,” ucapnya.

Baca Juga:  Internusa Kolaborasikan Ilmu 'Public Speaking' Dengan EFT

Masih kata Lestari, kerjasama dengan BeritaPagi diharapkan bisa berlanjut. Ketiga siswa ini seperti diketahui akan magang selama dua bulan kedepan. Namun, Prakerin di SMK 5 Palembang sendiri sebenarnya digelar selama empat bulan.

“Kami berharap nanti, setelah dua bulan kedepan, ketiga siswa ini bisa lanjut magang di BeritaPagi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, mewakili Pimpinan Redaksi Iman Handiman, Sekretaris BeritaPagi Rizal Effendi, menyambut baik ketiga siswa SMK 5 Palembang. Dikatakannya, media BeritaPagi cetak berdiri pada 9 Mei 2005.

Baca Juga:  Puluhan Siswa SMKN 5 Diberi Gratis, Sekolah Ajak Siswa Bijak Gunakan Gadget

Mengikuti perkembangan zaman dan tekhnologi, BeritaPagi pun, saat ini lebih fokus pada media online yang memang sebenarnya sudah lama beroperasi, sejalan dengan cetak.

BeritaPagi juga punya Chanel YouTube BPTV dan sosial media khususnya Instagram. Semua itu bisa dimanfaatkan bagi ketiga siswa untuk dapat belajar, baik dalam penerapan jurnalistik ataupun podcast,” ucapnya.

Selanjutnya, ketiga siswa langsung menerima pelatihan dari Redaktur Agustian Pratama. Dimulai dari proses wawancara, mengolah data sampai pada penulisan berita. #mg1/mg2/mg3

Komentar Anda
Loading...