Hasil Mediasi, Partai Ummat Punya Kans Lolos Pemilu 2024  

35
JAKARTA, BP –  Berdasarkan hasil mediasi, majelis sidang  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI  menyatakan Partai Ummat dan KPU bersepakat  melakukan perbaikan syarat keanggotaan Partai Ummat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara (Sulut). Artinya, Partai Ummat masih punya kans untuk  lolos menjadi peserta pemilihan umum (pemilu) 2024.

Hasil ini merupakan kesepakatan antara Partai Ummat selaku pemohon dan KPU selaku terlmohon dalam mediasi yang dipimpin Bawaslu. “Memerintahkan kepada termohon untuk melaksanakan Putusan ini paling lama tiga hari kerja terhitung sejak putusan ini dibacakan,”  kata Ketua Majelis Totok Hariyono bersama dua anggota majelis Puadi dan Lolly Suhenty dalam Pembacaan Putusan Terjadinya Kesepakatan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Mediasi telah dilakukan dua kali yakni pada senin (19/12) dan selasa (20/12).
Anggota majelis Lolly mengatakan, Partai Ummat dan KPU bersedia dan sanggup  memenuhi jumlah kekurangan keanggotaan Partai Ummat, pada sekurang-kurangnya lima kabupaten di Provinsi NTT. Kedua pihak bersepakat memperbaiki  sekurang-kurangnya sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Sulut.

Baca Juga:  Pemilu 2024, Bawaslu: Awasi Coklit Data Pemilih Daerah Perbatasan 

Lolly  mengungkapkan  hasil kesepakatan keduanya tertuang dalam Berita Acara Mediasi Permohonan Nomor Register 006/PS.REG/BAWASLU/XII/2022 tanggal 20 Desember 2022.

Sementara itu, anggota majelis lainnya,  Puadi menjelaskan tahapan dan jadwal pemenuhan perbaikan syarat keanggotaan Partai Ummat di NTT dan Sulut.

Kegiatan verifikasi administrasi perbaikan dilakukan 21-23 Desember 2022, Verfikasi Faktual perbaikan pada 26-28 Desember 2022, rekapitulasi dan penyampaian hasil verfak mulai tingkat provinsi hingga KPU RI dilakukan pada 28-29 Desember 2022. Terakhir, penetapan dan hasil pengundian nomor urut parpol peserta pemilu sekaligus pengumuman parpol peserta Pemilu 2024 pada 30 Desember 2022.

Baca Juga:  BeritaPagi Kembali Gelar Diskusi Akhir Tahun Part II, Mencari Sosok Ideal Walikota Palembang

“Memerintahkan kepada Para Pihak untuk melaksanakan isi kesepakatan sebagaimana tertuang dalam Putusan ini,”  Totok menuturkan.

Adapun  daftar kabupaten/ kota yang akan dilakukan perbaikan syarat keanggotaan Partai Ummat yakni di NTT; Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Manggarai Timur, Alor, Sumba Barat, Lembata, dan Sabu Raijua.

Sedangkan untuk di  Sulut yakni Kabupaten Bolaang Mongondow, Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Kota Manado, Bitung, Tomohon, dan Kotamobagu.

Baca Juga:  MUI Minta Polisi Proses Dugaan Penghinaan Agama oleh Panji Gumilang

Untuk diketahui, permohonan sengketa tersebut diajukan  Ridho Rahmadi Ketua Umum Partai Ummat dengan nomor registrasi nomor 006/PS.REG/BAWASLU/XII/2022.

Pemohon mengajukan permohonan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu atas Keputusan KPU Nomor 518 Tahun 2022 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2024 tanggal 14 Desember 2022 dan Berita Acara KPU RI Nomor: 308/PL.01.1-BA/05/2022 tentang Rekapitulasi Nasional Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum tanggal 14 Desember 2022.#gus
 
Komentar Anda
Loading...