Resmikan Kampus Jakabaring UIN Raden Fatah, Menag Sebut UIN Raden Fatah Bisa Bersaing Secara Nasional

48
Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) Yaqut Cholil Qoumas meresmikan kampus B Jakabaring Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang, Senin (24/5).(BP/IST)

Peluang tersebut menurutnya sangat terbuka luas dan UIN yang memiliki kesempatan seperti UIN Raden Fatah Palembang ini menurutnya yang memiliki sinergi yang kuat dengan pemprov tidak banyak, salah satu yang baik adalah di UIN Raden Fatah dan dirinya menaruh harapan besar.

“Jarang Universitas Islam punya gedung dengan fasilitas selengkap ini. Saya yakin SDM yang dimiliki dengan arahan rektor dan Gubernur saya yakin UIN Raden Fatah bisa bersaing secara nasional kedepannya,” katanya.

Baca Juga:  Desy Yusrifah Juara I Lomba Menghias Pempek Dengan Tema Seguntang

Selain itu dia menambahkan, keberadaan Rumah Moderasi Beragama di Kampus Jakabaring mempresentasikan Sumsel sebagai cermin Indonesia yang mampu meminimalisasi paham-paham radikalisme.

“Pusat studi dan dakwah yang moderat, islam yang mengamalkan prinsip tawassuh, ini jadi cerminan Indonesia. Sumsel terkenal sebagai wilayah yang terkenal zero konflik,” katanya .

Menag juga menekankan setidaknya tiga pesan yang harus dicamkan civitas academica UIN Raden Fatah Palembang.  Pertama, jangan ada korupsi di lingkungan kampus dan kedua jangan ada plagiat serta ketiga semua prestasi yang diraih UIN Raden Fatah Palembang adalah kerja keras bersama.

Baca Juga:  Kapolda Sumsel Ajak UIN RAFA Kerjasama Kamtibmas

“Semua yang ada disini adalah mercusuar akademik yang menjadi contoh dan panutan di dunia pendidikan. Kalau ada yang korupsi dan plagiat langsung bersihkan dan keluarkan,” kat Menag.

Dalam kesempatan itu, Menag juga mengingatkan agar civitas akademica UIN Raden Fatah Palembang tidak menerapkan model civitas kekeluargaan. Ditekankan bahwa cara menggelola UIN ini agar tujuan dari universitas itu sendiri dapat terwujud. Civitas akademica tidak boleh diubah dengan civitas famili atau kekeluargaan.

Baca Juga:  KPK Sambangi UIN Raden Fatah

Di kampus kebanggaan masyarakat Palembang tersebut, Menag meresmikan kampus B UIN Raden Fatah Palembang yang pembangunannya bersumber dari Pinjaman Hibah Luar Negeri  Islamic Development Bank (IsDB). Pembangunan yang dilaksanakan selama dua tahun mulai 16 Oktober 2018 hingga 7 Oktober 2020 ini menelan biaya sekitar Rp 430 Miliar.

Komentar Anda
Loading...