FO Bandara Perlu Pembebasan Lagi

23

 

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Metropilitan BBPJN V, Yudian Budi Krisna.

Palembang, BP — Pembangunan Flyover Simpang bandara secara fisik sudah mencapai 100 persen, namun meski demikian untuk finishing masih perlu adanya pembebasan lahan lagi untuk memperlebar jalan dari arah Jalan Harun Sohar ke Sudirman.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Metropilitan BBPJN V, Yudian Budi Krisna mengatakan, sebagian jalan dibelokan Jalan Harun Sohar ke arah Sudirman itu yang lebarnya belum memenuhi persyaratan. Balai Besar Jalan Nasional Wilayah V Sumatera Selatan menilai lebar jalan untuk jalan di bagian kiri ini lebarnya tujuh meter, namun yang tersedia saat ini hanya empat meter.

Baca Juga:  Firdaus Komar Kandidat Terkuat Nahkodai PWI Sumsel 

“Saat ini di sisi kiri itu ada bangunan, rumah, toko. Pentingnya pelebaran ini agar saat kendaraan menuju Sudirman di belokan ini, tidak langsung bertemu dengan jalur dari jembatan. Jadi kendaraan bisa melaju dengan lambar di jalan yang lebar ini. Jika tidak bisa menyebabkan kecelakaan,” katanya usai rapat pembangunan FO Simpang Bandara, Senin (12/3).

Untuk itu, pihaknya meminta Pemerintah Kota Palembang untuk membereskan bangunan sebelah kiri ini. “Targetnya kalau bisa minggu ini harus selesai, jadi progres pelebaran jalan bisa bergerak, karena waktu kita sudah mepet. FO simpang bandara ini harus secara keseluruhan akhir April ini,” katanya.

Baca Juga:  Kelaparan, Para Kera dari Komplek Pemakaman Ratu Bagus Kuning Cari Makan Hingga ke Tangga Takat

Yudian mengatakan, jika pelebaran jalan di kiri dan kanan sudah selesai maka akan dilakukan uji kelayakan jembatan oleh Direktorat Jembatan. “Setelah uji layak fungsi baru akan dibuka untuk umum. Paling tidak uji layak fungsi dilakukan selama seminggu di bulan Mei, kemudian baru dibuka untuk umum,” ujarnya.

Yudian menerangkan, uji layak fungsi ini berkitan dengan fungsi jembatan apakah sudah sesuai dengan rencana. Selain itu juga akan ada peneriksaan rambu, marka jalan, dan rekayasa lalu lintasnya juga akan diperiksa. “Akan banyak pemeriksaan pada flyover ini. Setelah semuanya selesai baru akan dibuka untuk umum,” jelasnya.

Baca Juga:  Puan: Jangan Ada Normalisasi KDRT!

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Palembang, Sulaiman Amin, mengatakan, Selasa ini, Pemkot Palembang bersama tim dan Satker Jalan Nasional Sumatera Selatan akan melakukan pengecekan kebutuhan lahan yang dibutuhkan untuk melengkapi FO simpang bandara.

“Kami belum ada bayangan berapa persil lahan yang akan dibutuhkan untuk pelebaran jalan dari Jalan Harun Sohar menuju Kol H Burlian atau Sudirman ini. Nanti untuk nilai ganti ruginya akan dihitung oleh KJPP, yang berkompeten untuk menentukan harga ganti ruginya,” tukasnya. #pit

Komentar Anda
Loading...