Lazada Pacu Semangat Kreatif Wirausahawan

4
IST/LOKAKARYA-Lokakarya edukatif terpadu bagi para wirausahawan UMKM yang digelar Lazada di Kota Palembang bertajuk upgrade UKM, Selasa (24/10).

Palembang, BP — Para wirausahawan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang mengikuti lokakarya edukatif terpadu ‘upgrade UKM’ yang digelar Lazada. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian program roadshow #UpgradeUKM ke 11 kota besar di seluruh Indonesia yang bertujuan memacu semangat kreatif wirausahawan.

Di Pulau Sumatera ini, Kota Pempek yang terkenal dengan icon Jembatan Ampera tersebut merupakan kota kedua yang dikunjungi setelah Tim Lazada menggelar rangkaian serupa di Kota Medan.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Achmad Alkatiri mengatakan, sejalan dengan pesan Presiden RI Joko Widodo, terkait pentingnya peningkatan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia untuk merangsang tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat, Lazada didukung oleh Bekraf, meluncurkan program roadshow #UpgradeUKM ini pada awal Agustus lalu.

“Bekerjasama dengan Facebook dan SiCepat, Lazada menyapa para pelaku UMKM termasuk yang bergerak di bidang kreatif di berbagai kota untuk berbagi ilmu dan kiat mengembangkan bisnis secara online,” ujar dia, Selasa (24/10).

Menurut dia, program ini merupakan bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang diluncurkan Mei lalu guna menjembatani pengembangan potensi UMKM lokal di Indonesia. Roadshow bertujuan untuk membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline, diharapkan nantinya mereka mampu menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan berdagang secara online.

Baca Juga:  LIbur Panjang, Penjualan Tiket Pesawat Mendulang Omset

“Bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi dan tidak menutupi kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal suatu saat akan merambah pasar nasional dan global bersama Lazada,” ujarnya sembari menyebut setelah Palembang, Lazada akan mengadakan lokakarya di Jakarta.

Achmad juga menambahkan, semangat belajar dan mengenal ilmu bisnis dari beragam pedagang, seller, dan pengusaha UKM kreatif di Palembang tampak jelas ketika ratusan peserta menyimak berbagai sesi yang informatif dan edukatif mengenai tren belanja online, kiat sukses menjadi penjual online berprestasi di marketplace, tips untuk mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, serta berbagai macam solusi untuk mengatasi tantangan berjualan online.

Baca Juga:  Mustafa Kamal Konsen Dongkrak UMKM

“Ini menjadi semakin penting karena Lazada Indonesia sedang bergiat mempersiapkan para sellernya untuk menghadapi kampanye belanja online nasional atau Harbolnas yang akan jatuh pada 12 Desember 2017 nanti,” jelasnya.

Dijelaskannya, pihaknya juga membagikan beberapa poin penting mengenai pengenalan pasar online kepada para pelaku UMKM. Melihat besarnya potensi pasar online Indonesia, sudah sewajarnya UMKM berani mengembangkan bisnisnya ke ranah digital. Bukti nyata komitmen pihaknya dalam mendukung UMKM adalah melalui berbagai fasilitas dan fitur berjualan online tercanggih.

Masih dikatakanya, dalam Harbolnas biasanya terjadi peningkatan tajam permintaan dari konsumen dan para seller harus sudah siap untuk memenuhi hal itu. Ini merupakan sebuah momentum luar biasa dalam berbisnis, terutama gejolak belanja online masih terus bertumbuh dan tingkat penetrasi masih tergolong rendah sehingga potensi untuk memaksimalkan penjualan dan promosi masih sangat tinggi.

Sementara itu, salah satu narasumber di acara workshop ini Rahmad Priadi, pemilik toko virtual bernama Toko Indo Sehat di situs Lazada. Ia bergabung sejak 2015 dengan menghadirkan berbagai macam alat kesehatan untuk pemakaian di rumah. Dicontohkannya mulai dari alat bantu dengar, pengukur tinggi badan, alat bantu jalan lipat, nasal aspirator dan lainnya.

Baca Juga:  Program UKM Naik Kelas Diluncurkan di Palembang

“Pertumbuhan penjualan sehat sebesar 20 persen dinikmati dari tahun ke tahun. Kepraktisan sistem dan pesanan harian yang pasti merupakan alasan saya bergabung dengan situs Lazada.co.id. Mengubah pola pikir kita dari berdagang konvensional menjadi digital memang tidak mudah, tetapi Lazada memberikan kesempatan dan kemudahan bagi kita berjualan online di marketplace tersebut,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, salah satu fasilitas yang paling dihargai oleh pelanggannya dari Lazada adalah gratis ongkir, dengan jumlah pembelian tertentu mereka tidak perlu khawatir akan biaya onkir dan barang dapat mereka terima tanpa halangan dan tanpa hambatan, yang penting alamat kirim ditulis jelas dan lengkap.

“Oleh karena itulah pelanggan kini menjadi semakin yakin untuk memesan produk dari saya,” pungkasnya. #rio

Komentar Anda
Loading...