Pemadaman Api di Sumsel Terus Dilakukan

5
Palembang, BP
12107120_10206245429152943_6502988451332509922_nSatgas Kebakaran Hutan dan Lahan Sumatera Selatan (Sumsel), Kolonel Infantri Tri Winarno dalam rapat hasil evaluasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Sumsel di posko Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Sumsel BPPD Sumsel , Rabu (14/10) sore,  kalau upaya pemadaman akan terus dilakukan dan terus ada peningkatan apalagi telah dibantu negara lain.
” Proses pemadaman terus dilakukan dan hari ini negara asing sudah membantu pemadaman,” katanya.
Pastinya menurutnya Australia telah bergabung bersama Malaysia dan Singapura ikut membantu Indonesia menangani kabut asap di Sumsel.
“Hari ini menurutnya pesawat Hercules C130 Bomber 132 atau Thor milik Australia itu mulai beroperasi memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Air Sugihan,” katanya.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kalau Pesawat Thor Australia sudah mulai terlibat dalam upaya pemadaman dan diarahkan untuk membantu pemadaman di wilayah Air Sugihan, OKI .
Sementara Malaysia dengan pesawat Bombardier Pelican CL415 beroperasi di daerah Cengal. Singapura pun tak ketinggalan.
“(Pesawat) Chinook Singapura (Chinook Mustang 93 CH47) baru selesai perbaikan dan akan beroperasi di Pedamaran,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10).
Berdasarkan laporan cuaca dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, jarak pandang di Palembang  terpantau 6 kilometer. Sementara cuaca hari ini dilaporkan cerah berawan.
Jumlah titik panas di Sumsel berdasarkan satelit Aqua-Terra Modis pada tanggal 13 Oktober 2015 terpantau sebesar 267 titik. Dengan jumlah terbesar berada di daerah Ogan Komering Ilir (OKI), yakni sebanyak 176.
Sutopo menjelaskan, muncul beberapa titik panas yang terpantau baru. “Menurut laporan, hal ini disebabkan api permukaan membesar kembali, sumbernya dari dasar lahan gambut,” katanya.
Sementara Indonesia sendiri menurunkan armada udara untuk memberantas kabut asap Palembang, di antaranya Mi-171 UR CMT untuk operasi di Simpang 3 Sakti, Bolkow PK-EAM di Indralaya, dan Air tractor VH NWU di Padang Sugihan.#osk
 
 
Baca Juga:  Sesepuh Golkar Dukung Dodi Reza
Komentar Anda
Loading...