Naskah Soal UN Dijaga 24 jam

15

Palembang, BP

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel menerima naskah soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK dan paket 2015, di Palembang sejak Jumat (27/3) malam. Saat ini naskah soal tersebut disimpan di Gudang Sky Park Alang-alang Lebar dengan penjagaan 24 jam dari pihak kepolisian, tenaga internal dinas, serta ada juga dari pihak Unsri.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo mengatakan, total peserta UN SMA/SMK/MA yaitu sebanyak 99.715 dengan rincian 60.327 siswa SMA, 26.057 siswa SMK, dan 13.331 siswa MA di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel. Untuk memastikan naskah soal tak ada yg rusak, Rabu (1/4) lalu pihaknya melakukan peninjauan langsung ke lokasi gudang serta pihak percetakan dan perwakilan perguruan tinggi.

Baca Juga:  13.187 Siswa Peserta UN di Linggau

“Dengan cepat datangnya naskah UN ini maka untuk penjagaan lokasi gudang sendiri sudah dimulai dengan menempatkan setiap 24 jam sekali petugas dari kepolisian, disdik, dan Unsri. Kita juga yakin pendistriusiannya nanti tidak ada kendala yang berarti,” katanya, kepada BeritaPagi, kemarin.

Ia juga menjelaskan, pihaknya menerima total Koli soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) untuk SMA/SMK/MA di Sumsel 2.354 Koli dan akan dilakukan proses distribusi ke 17 Kabupaten/Kota pada 10 April mendatang.

Baca Juga:  Rizal Kenedi Minta Permendikbud 75 Tahun 2016 Jangan Jadikan Alat Kongkalikong Kepala Sekolah

“Proses distribusi akan melewati 7 rute diantaranya, Rute 1, OKI, OI. Rute 2, OKU, OKUT, OKUS. Rute 3, Prabumulih, Pali. Rute 4, Muara Enim, Lahat, Pagaralam. Rute 5, Banyuasin, Muba, Lubuk Linggau. Rute 6, Mura, Empat Lawang, Muratara. Rute 7, Palembang. Dengan menggunakan 7 mobil built up kantor Pos,” jelasnya.

Lebih lanjut Widodo memastikan, proses distribusi soal dan LJUN sekolah penyelenggara UN PBT tidak mengalami kekurangan. Selain itu juga pihaknya tidak ada daerah atau kabupaten/kota yang diprioritaskan, karena di Sumsel ini jangkauan setiap daerah itu mampu di tempuh jalur darat saja, dan jarak tempuhnya juga hanya memakan waktu seharian, tidak ada daerah memakan waktu berhari-hari.

Baca Juga:  WC SMK Negeri 1 Tanjung Lago Kotor dan Tidak Terawat

“Tak ada daerah yang menjadi prioritas untuk pengiriman. Daerah di Sumsel ini, saya rasa yang paling jauh itu OKU Selatan, Pagaralam itu juga bisa ditempuh melalui darat seharian. Selain itu juga kita pastikan untuk setiap ruang mendapat distribusi soal dan LJUN dengan hitungan yang lebih dari jumlah peserta UN sebanyak 2 soal dan LJUN di setiap ruangan,” pungkasnya. #adk

Komentar Anda
Loading...