Penerapan Prinsip ESG di PHR Zona 4 : Menjaga Keberlanjutan melalui Praktik Bisnis Bertanggung Jawab

6

Palembang, BP- Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 terus berkomitmen menjaga praktik bisnis dengan menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta mengutamakan aspek safety. Memastikan bahwa semua kegiatan berjalan tidak hanya efisien, tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan dan Masyarakat.

Dalam setiap langkah operasionalnya, PHR Zona 4 mengintegrasikan praktik ramah lingkungan. Dari pengelolaan limbah hingga penggunaan teknologi yang efisien, perusahaan memastikan bahwa dampak lingkungan dari setiap kegiatan diminimalisir. Upaya ini termasuk program penghijauan melalui penamaman pohon dan konservasi sumber daya alam yakni Konservasi Gajah yang melibatkan masyarakat lokal.

PHR Zona 4 memahami bahwa keberhasilan bisnis tidak terlepas dari dukungan komunitas. Dengan melibatkan masyarakat dalam program pengembangan sosial, seperti pelatihan keterampilan dan peningkatan infrastruktur, perusahaan berusaha membangun hubungan harmonis dengan penduduk setempat. Komitmen ini tercermin dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi. Nilai investasi Program Pengembangan Masyarakat PHR Zona 4 terus mengalami pertumbuhan yang baik. Tahun 2022 nilai program menyentuh angka Rp 6.957.570.701, Tahun 2023 senilai Rp 10.493.181.743 dan Tahun 2024 per Agustus mencapai nilai Rp 8.302.315.49

Baca Juga:  14 Gugatan Parpol di MK, Hadang Langkah Penetapan KPU Se-Sumsel

Aspek governance menjadi pilar penting dalam proses bisnis PHR Zona 4. Dengan menerapkan kebijakan Zero Tolerance on Bribery, perusahaan berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara etis. Dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandarisasi ISO 37001:2016.

PHR Zona 4 menunjukkan prestasinya yang mengesankan dengan meraih penghargaan di ajang Indonesian Diversity, Equity, Inclusion (DEI) and Environmental, Social & Governance (ESG) Awards (IDEAS) 2024. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya perusahaan dalam mengukur dan menerapkan program serta praktik terbaik terkait komunikasi DEI dan ESG. Dengan pencapaian ini, PHR Zona 4 semakin menegaskan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan bertanggung jawab secara sosial serta lingkungan, sejalan dengan prinsip keberlanjutan yang diusung dalam seluruh operasionalnya.

Baca Juga:  Politisi PKS Minta Walikota Tinjau Ulang Larangan Shalat Ied di Masjid

General Manager PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4, Djudjuwanto mengatakan sebagai pimpinan tertinggi di PHR Zona 4 akan terus mensinergikan kegiatan operasi dengan aspek ESG. Dikatakan Djudjuwanto dilingkungan PHR Zona 4, setiap individu di perusahaan harus memahami bahwa komitmen terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik adalah tanggung jawab bersama. Dirinya akan menegakkan standar tinggi ini untuk memastikan bahwa semua kegiatan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Di PHR Zona 4, kami percaya bahwa keberhasilan tidak hanya diukur dari pencapaian finansial, tetapi juga dari dampak positif yang kami berikan kepada lingkungan dan masyarakat. Penghargaan terhadap prinsip ESG adalah komitmen kami untuk terus menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab. Kami akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan komunitas untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan berdaya saing di industri migas.”

Selain fokus pada ESG, PHR Zona 4 menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama dalam setiap aktivitas operasional. Melalui penerapan prosedur keselamatan yang ketat, perusahaan memastikan bahwa karyawan dan mitra kerja dilindungi dari risiko kerja. Prinsip dan mengedepankan nilai-nilai Perusahaan, menjadi kewajiban untuk ditaati nilai-nilai AKHLAK, Corporate Life Saving Rules, HSSE 3 Golden Rules dan Zero Accident Kita Bisa.

Baca Juga:  Tahun Depan, Bandara SMB II Berangkatkan Jemaah Umrah

PHR Zona 4 mengelola kegiatan hulu Migas diwilayah Provinsi Sumatera Selatan dengan wilayah kerja di 7 lapangan yaitu Prabumulih Field, Limau Field, Adera Field, Pendopo Field, Ramba Field, OKRT Field. Angka produksi Migas ytd PHR Zona 4 mencapai 25.831 BOPD untuk minyak dan 574.69 MMSCFD untuk gas. Produksi Migas ini selanjutnya mendukung produksi Migas PHR Regional 1 Sumatera yang memenuhi sepertiga kebutuhan Migas nasional.

PHR terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia dengan predikat Environmental Friendly, Social Responsible dan Good Governance.#udi

Komentar Anda
Loading...