Anggota DPRD Sumsel Terpilih , Ini Harapan Ketua DPRD Sumsel

23
Hj RA Anita Noeringhati (BP/udi)

Palembang, BP- Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) resmi menetapkan 75 anggota DPRD Sumsel terpilih periode 2024-2029, melalui rapat pleno terbuka yang dipimpin langsung Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya dan dihadiri perwakilan partai politik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel dan stakeholder yang ada di kantor KPU Sumsel Jakabaring Palembang, Selasa (28/5).

Penetapan hasil pemilu legislatif 2024 itu mencakup pengumuman hasil penetapan perolehan suara dan perolehan suara untuk kursi DPRD Sumsel, berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Sumsel nomor 73 tahun 2024.
Serta Keputusan KPU Sumsel nomor 74 tahun 2024, tentang caleg terpilih DPRD Sumsel hasil Pileg 2024.
Dimana, dalam putusan itu Partai Golkar kembali meraih kursi terbanyak untuk DPRD Sumsel dengan 12 kursi dari 75 kursi yang ada.
Meski raihan kursi didapat partai Golkar menurun 1 kursi dibanding hasil Pileg 2019 lalu yang meraih 13 kursi, namun Golkar masih di atas partai- partai lain untuk perolehan kursi, sehingga menempatkan partai berlambang pohon beringin tersebut untuk posisi Ketua DPRD Sumsel periode 2024-2029.
Disusul partai Gerindra 12 kursi, NasDem 10 kursi, PDIP 9 kursi yang menempatkan mereka pada unsur pimpinan DPRD Sumsel atau posisi Wakil Ketua DPRD Sumsel.
Kemudian partai Demokrat 8 kursi, PKB 7, PKS 7, PAN 6, PPP 2, Hanura 1, PKN 1, dan Perindo 1 kursi.
Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati mengatakan, setelah ditetapkan calon terpilih oleh KPU Sumsel  kemarin dalam rapat pleno dirinya sebagai Ketua DPRD Sumsel periode 2019-2024 mengharapkan apa yang sudah dirinya buat di DPRD Sumsel untuk di teruskan bahkan untuk diperbaiki kembali.
“ Yang pertama adalah  jaga kekompakan , karena dengan kita kompak itu menunjukkan bahwa lembaga parlemen ini adalah lembaga  rakyat  , dan kedua jaga DPRD Sumsel untuk tetap menjadi rumah rakyat , itu yang paling penting, karena saya sebagai ketua DPRD Sumsel tidak pernah menolak namanya aspirasi , karena ini adalah rumah rakyat , sehingga sudah sepantasnya yang namanya rumah rakyat  ini terbuka untuk siapapun ,” katanya, Jumat (31/5).
 Politisi Partai Golkar , ini bersyukur Golkar tetap memegang jabatan Ketua DPRD Sumsel periode 2024-2029.
Ketika ditanya siapa dari Partai Golkar yang akan duduk sebagai Ketua DPRD Sumsel, Anita mengatakan, nanti.
“ Nanti kita bisa lihat nanti siapa,” katanya.#udi
Baca Juga:  Penetapan Gunawati Sebagai Tersangka Sah Menurut Hukum
Komentar Anda
Loading...