Dipimpin Kapolda Sumsel, Razia Gabungan Amankan 54 Pelaku Tawuran

7
Para pelaku tawuran saat diamankan. (BP/IST)

Palembang, BP- Menjaga situasi kamtibmas yang kondusif diwilayah Sumatera Selatan, Kapolda Irjen A Racmad Wibowo memimpin penggelaran kekuatan dan perlengkapan diakhir pekan Sabtu (16/3).

Kegiatan dimaksudkan untuk terciptanya situasi kamtibmas yang aman nyaman dan damai di bulan suci Ramadhan, serta mengantisipasi adanya aksi tawuran, balap liar dan bentuk kejahatan lainnya.

Apel penggelaran di dua tempat yakni dimako Direktorat Lalulintas dan dihalaman kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan, diikuti 200 personel jajaran Ditlantas Polda, 502 personel gabungan Polda, Polrestabes Palembang POM TNI, Kodim, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta instansi terkait.

Kegiatan yang dilaksanakan melakukan patroli gabungan skala besar, melakukan razia dan penindakan berbagai bentuk pelanggaran dan potensi gangguan kamtibmas.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga Minggu pagi (17/3) tersebut telah berhasil mengamankan 54 orang (46 pelaku tawuran dan minuman keras, 2 pelaku pembawa sajam, 4pelaku pencurian ranmor dan HP serta penadahnya, 2 pelaku penganiayaan).

Baca Juga:  Rp2 Triliun Bangun Jalan dan Jembatan

Barang bukti yang turut diamankan diantaranya 115 unit kendaraan R2 dan R4, 100 buah knalpot brong dan tanpa dokumen lengkap. Disamping itu, 3 bilah sajam jenis pisau dan parang, 7 liter tuak, 2 ikat mercon dan 5 ikat sarung yang digunakan tawuran.

Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo kepada media mengatakan penggelaran dilakukan untuk memberikan rasa aman dalam masyarakat, khususnya dibulan ramadhan, menindak para pelaku yang mengganggu ketertiban, mengganggu masyarakat yang melaksanakan beribadah.

“Sebanyak 502 personil gabungan ada anggota TNI, POM dan juga dari Kodim, ada Sat Pol PP juga Dishub tadi saya arahkan dan sebelumnya saya juga memimpin apel di Direktorat Lalulintas ada 200 personil diturunkan malam ini, kita akan melaksanakan razia juga untuk senjata tajam senjata api miras narkoba petasan juga akan dilakukan razia pemeriksaan oleh seluruh tim yang bergerak. ada yang mobile, ada yang stasioner, ada yang strong point,” terang Irjen Rachmad Wibowo.

Baca Juga:  Kasdam Sriwijaya: Pemimpin Harus Menjadi Contoh

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Sumatera Selatan untuk bersama sama menjaga ketertiban, menjaga keamanan ketertiban, bahwa kepolisian dan instansi terkait akan menindak tegas para pelaku gangguan kamtibmas tersebut,” tegasnya.

Pucuk pimpinan di Polda Sumsel tersebut meminta semua pihak peduli dan mengambil peran untuk mendukung terjaminnya kamtibmas diwilayah provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga:  Empat Dasawarsa Ketegangan Antara Iran-Amerika

“Saya menghimbau pada semua pihak, masyarakat khususnya para orang tua dimasa bulan ramadhan yang penuh berkah ini tolong diawasi anak anaknya karena kejadian tawuran maupun balap liar, bahkan ada yang menggunakan senjata tajam dan petasan itu semakin marak. Kami dari kepolisian berikut instansi terkait akan melakukan tindakan dan kita akan tangkap para pelaku pelaku gangguan kamtibmas tersebut. Tidak ada lagi masyarakat yang melaksanakan balap liar juga tawuran, tolong diawasi,” paparnya.

“Himbauan saya juga kepada ketua lingkungan untuk juga mengingatkan warganya, ajak untuk melakukan ibadah bulan puasa ini dengan penuh hikmah tanpa diganggu dengan kegiatan yang bertantangan dengan bulan ramadhan,” tutupnya.#udi

Komentar Anda
Loading...