Kemenkumham Sumsel Ikuti Rapat Teknis Pengisian Kertas Kerja Penilaian Mandiri Maturitas SPIP

12

 

rapat teknis pengisian kertas kerja penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

PALEMBANG, BP-Kanwil Kemenkumham Sumsel mengikuti rapat teknis pengisian kertas kerja penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2024, Kamis (14/3).

Kegiatan diikuti oleh Kepala Bagian Program dan Humas, Yulizar didampingi Kepala Subbagian Humas, RB, & TI, Hamsir beserta staf di ruang teleconference.

Rapat yang dilaksanakan Biro Perencanaan Setjen ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait pengisian kertas kerja PM Maturitas SPIP Tahun 2024 dan dalam rangka menjelang pelaksanaan penilaian mandiri maturitas SPIP yang terintegrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2024.

Baca Juga:  Susul Suami ke Penjara, IRT Ini Nekat Bisnis Sabu

Penilaian Mandiri Maturitas SPIP terbagi menjadi empat tingkatan, dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, pelaporan dan pemantauan. Pada tahun 2024, seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) wajib melakukan penilaian mandiri. Hasil penilaian mandiri yang dilakukan oleh UPT selanjutnya akan direkapitulasi oleh Kantor Wilayah. Penilaian sendiri dilakukan melalui 5 unsur SPIP, yakni lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian intern.

Baca Juga:  Mayat Balita Ditemukan di Dam Jalan Radial

Pada kegiatan ini, narasumber Biroren memaparkan sekaligus memberikan contoh secara langsung terkait pengisian kertas kerja SPIP ini. Tidak hanya itu saja, para Peserta Zoom juga mendapat beberapa penjelasan penting diantaranya terkait framework penilaian penyelenggaraan SPIP, integrasi parameter penilaian, penilaian maturitas berdasarkan Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021, kriteria penilaian, pembobotan nilai, dan lain-lain. #man/rel

Komentar Anda
Loading...