Pemkab OI Gelar Rapat Pembahasan Rancangan Awal RKPD 2025

27

INDRALAYA, BP – Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir menggelar Rapat Pembahasan Rancangan Awal RKPD 2025 di Ruang Rapat Utama Bupati KPT Tanjung Senai, Senin (28/02/2024).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H langsung yang memimpin rapat, dengan dihadiri Sekda Ogan Ilir, pasisten sekda Ogan Ilir, serta kepala perangkat daerah.

Rapat ini juga di ikuti oleh Forkopimda Ogan Ilir, Wakil ketua I DPRD Ogan Ilir, Wahyudi, ST, perwakilan Kejari Ogan Ilir, Pabung Ogan Ilir, dan Perwakilan polres Ogan Ilir.

Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2025, sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 12 menerangkan bahwa RKPD merupakan penjabaran dari RPJMD yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RKP dan program strategis nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, serta pasal 179 yang mengamanatkan bahwa Forum konsultasi publik dilaksanakan oleh BAPPEDA bersama pemangku kepentingan pembangunan untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan Daerah.

Baca Juga:  Brigjen Achmad Said Tinjau Kesiapan TMMD Ke 108 di Desa Pulau Negara

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar dalam sambutannya mengatakan bahwa, Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2025, yang dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan sehingga dapat tercipta sinkronisasi antara dokumen RKPD dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah dalam kaitannya dengan sinergitas antara perencanaan pembangunan nasional, provinsi dan kabupaten.

Baca Juga:  DPRD OI Pertanyakan Status RSUD

Berkenaan dengan sinergitas antara perencanaan Nasional, Provinsi dan Kabupaten, Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan bahwa jika wajah perkembangan pembangunan Kabupaten Ogan Ilir sudah semakin tampak semenjak ditetapkannya sebagai bagian dari wilayah metropolitan.

Adanya dukungan atas percepatan perkembangan pembangunan Kabupaten Ogan Ilir khususnya diwilayah Indralaya, baik dari Nasional maupun Provinsi sudah sepatutnya kita selaraskan dan kita dukung dengan perencanaan pembangunan di Kabupaten Ogan Ilir.

“Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh Peserta Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2025, untuk dapat memberikan dukungan dan masukan yang positif dan konstruktif menuju Ogan Ilir Bangkit dengan Visi “Ogan Ilir Bangkit Menuju Masyarakat Lebih Sejahtera dan Berkualitas Berlandaskan Iman, Taqwa, Moral dan Etika,” ujarnya.

Baca Juga:  Satlantas Polres OI Bagi-bagi Air Bersih dan Sembako Gratis

Pada kesempatan yang baik ini Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar meminta kepada semua pihak untuk memberikan perhatian khusus terhadap isu-isu yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. Seperti Percepatan Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran, Peningkatan atas Layanan Dasar, Pengembangan Kabupaten Ogan Ilir Sebagai Bagian dari Metropolitan Palembang.

Selanjutnya, Bupati juga mengatakan bahwa terdapat pula hal khusus yang perlu menjadi perhatian kita semua, yakni pengeluaran wajib bagi Pemerintah Daerah (mandatory spending) sebagai pengeluaran yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan undang-undang tentang hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. #rel

Komentar Anda
Loading...