Kerabat Mantan Kepala Daerah di Sumsel Berpeluang Duduk di Legislatif, Ini  Komentar Pengamat Politik

158
Pengamat politik dari Stisipol Candradimuka Palembang, Ade Indra Chaniago (BP/IST)

Palembang, BP- Sejumlah keluarga atau kerabat mantan kepala daerah atau wakil kepala daerah di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), berlomba- lomba menjadi anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Terkait dengan fenomena banyaknya keluarga politik yang maju dalam kontestasi pileg dan berpeluang untuk terpilih, menurut pengamat politik Sumsel Ade Indra Chaniago   menilai hal tersebut bukanlah hal yang aneh.
“Hal tersebut karena memang mereka semua diuntungkan dalam hal popularitas atau dengan kata lain mreka tinggal berjuang untuk disukai sebelum dipilih. Sementara untuk yang lain perjuangan mereka jauh lebih berat karena sebelum masuk pada tahap disukai dan dipilih, mereka semua harus berjuang keras dulu untuk dapat dikenal, dan hal tersebut menurut saya tidaklah mudah,” katanya, S Senin  (19/2).
Selain itu, menurut dosen Stsipol Chandradimuka Palembang ini, para keluarga politik tersebut, juga diuntungkan karena mereka menguasai semua jejaring atau akses, baik akses ke birokrasi termasuk ke penyelenggara maupun akses ke logistik.
“Tidak hanya itu, kondisi karakter pemilih yang mayoritas masuk dalam kategori pemilih mengambang atau biasa kita kenal dengan istilah floating mass yang butuh pendekatan pragmatis semakin menguntungkan posisi mereka.,” katanya.
Hal tersebut tentunya tambah Ade, tidak akan terjadi kalau saja masyarakat kita.
 “Cerdas dalam menentukan pilihan, karena mereka akan memilih berdasarkan kapasitas para calon yang bisa dilihat dari rekam jejak,  cara atau kemampuan berkomunikasi serta visi misi maupun program yang mereka tawarkan,” katanya.
Untuk ditingkat DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Sumsel sendiri, terdapat nama putri mantan Gubernur Sumsel Herman Deru yaitu Ratu Tenny Leriva yang saat ini unggul dalam perolehan suara sementara.
Kemudian ada nama Jialyka Maharani yang merupakan anak eks Bupati Ogan Ilir (OI) Ilyas Panji Alam, Amalia yang merupakan anak dari mantan Sekda OI Sobli yang notabane merupakan besan dari eks Wagub Sumsel Mawardi Yahya.
Kemudian ada nama Yetti Oktarina yang merupakan istri mantan Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe.
Belum lagi ada nama Eva Susanti yang merupakan menantu dari politisi senior partai Golkar Kahar Muzakir.
Mereka-mereka ini sendiri termasuk nama lainnya berpeluang untuk duduk sebagai ‘Senator’ dari Sumsel untuk lima tahun kedepan.
Selain itu belum lagi untuk kursi legislatif ditingkat DPR RI dari Dapil Sumsel yang berpeluang terpilih, terdapat kerabat Herman Deru yaitu Samantha Tivani (anak) dari Dapil Sumsel II partai NasDem, Bertus Melas (adik) Dapil Sumsel II partai PKB, M Yaser (menantu) Dapil Sumsel I dari NasDem.
Selain itu kerabat Herman Deru juga berpeluang terpilih di DPRD Sumsel, diantaranya Meillinda (adik) dari Dapil IV Partai Nasdem, Sri Sutandi (adik ipar) dari Dapil III partai NasDem.
Sedangkan adik Deru yaitu Tennovita yang maju DPRD Sumsel Dapil IV dari PDIP serta ipar Deru yaitu Kol Inf (Purn) Ruslan yang merupakan suami Tennovita maju DPR RI Dapil II dari PDIP dari hasil quick count sementara KPU masih tertinggal dari Caleg lainnya.
Disisi kerabat eks Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, dalam Pileg 2024 ini terdapat anaknya AW Noviadi yang kemungkinan duduk di DPR RI Dapil Sumsel II dari partai Gerindra kemungkinan melenggang ke senayan.
Sedangkan anaknya yang lain Zaitun yang maju DPRD Sumsel Dapil Sumsel II masih berpotensi untuk merebut kursi.
Sedangkan menantu Mawardi sekaligus suami Zaitun yaitu Edwin Cahya Putra kemungkinan besar duduk di kursi DPRD Kabupaten Ogan Ilir dari Dapil II partai Gerindra.
Sedangkan nama-nama caleg keluarga kepala daerah atau mantan kepala daerah kemungkinan melenggang mulus lolos ke DPRD Sumsel, seperti nama Hj. Neny Triharyani dari Dapil X partai Gerindra yang merupakan istri mantan Wabup Banyuasin Slamet S.
Lalu ada Caleg PKB dari Dapil III Aziz Ari Saputra anak Wabup OKI Jakfar Sodiq, Caleg Golkar Dapil IX Andi Rizkiansyah yang merupakan putra Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi.
Belum lagi istri Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Devi Suhartoni  yaitu Rita Suryani caleg DPRD Sumsel Dapil VIII dari PDIP, kemudian istri mantan Wabup Muba Beni Hernedi yaitu Susi Caleg DPRD Sumsel Dapil IX PDIP, dan belum lainnya.#udi
Baca Juga:  Korban Penipuan Pekerjaan Lapor Polisi
Komentar Anda
Loading...