Nur Kholis Minta Pemda Antisipasi Banjir

91

PALEMBANG, BP- Memasuki musim penghujan saat ini, banyak pihak mengkhawatirkan kembali tergenangnya beberapa titik lokasi seperti di Kota Palembang.  Untuk itu pemerintah diharapkan melakukan mitigasi berupa perbaikan saluran air yang selama ini berpotensi mengakibatkan banjir.

“Pasca kemarau panjang kita tentunya dihadapkan kemungkinan banjir yang mengenai beberapa titik lokasi terutama di kawasan perkotaan. Maka itu pihak Pemda dan instansi terkait harus dapat melakukan mitigasi berupa perbaikan saluran air yang selama ini menjadi problem,” ujar Nur Kholis yang merupakan calon anggota DPD RI ini, Sabtu (25/11).

Baca Juga:  Bela Negara ke-74, Ini Pesan Sekda Palembang

Ditambahkan mantan Ketua Komnas HAM ini, karena pastinya jika terjadi banjir atau genangan tinggi tentu akan mengancam keselamatan publik dan bahkan memperlambat pertumbuhan ekonomi jika tidak diantisipasi dengan baik.

“Problem banjir ini semestinya bisa diantisipasi sejak dini, karena selalu jadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat yang selama ini kalau curah hujan tinggi seolah pasti akan mengakibatkan banjir. Memang banjir di perkotaan seperti Palembang ini tak berlangsung lama, namun jika air sudah masuk rumah tentu menimbulkan masalah tersendiri,” ujar Nur Kholis lagi.

Baca Juga:  Gunakan Air Tetangga, Meteran Dibongkar

Disamping instansi terkait, menurut Nur Kholis yang tak kalah pentingnya peran masyarakat itu sendiri untuk memelihara lingkungan masing-masing seperti dengan membuang sampah pada tempatnya.

Nur Kholis juga memerintah pihak pemerintah untuk memperkuat armada pembuangan sampah berikut sarana dan prasarana pendukungnya.

“Seperti yang kita sering saksikan, genangan tersebut kan banyak diakibatkan saluran air yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sampah non organik menjadi faktor penyebabnya, sehingga air hujan tersumbat. Maka itu masyarakat juga diminta kesadaran supaya tidak membuang sampah sembarangan,” tambahnya.

Baca Juga:  KPU PALI Gelar Rapat Koordinasi DPK dan DPTb 

Sementara itu sebelumnya Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengakui kalau banyak terjadi sumbatan di beberapa kawasan seperti jalan Sultan Mansyur, kawasan Sekip dan kawasan Sako. Senada, Ratu Dewa juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Sampahnya jangan dibuang di sungai, parit, termasuk di drainase-drainase. karena ini akan menjadi masalah dan air tidak lancar mengalir,” ujar Ratu Dewa saat memantau langsung beberapa titik lokasi, Senin (20/11) lalu. ril/hus

Komentar Anda
Loading...