Rita Suryani Bersama Dekan Ikuti Kegiatan Workshop di  Chiang Mai University Thailand 

46
Sebanyak 10 Mahasiswa dan mahasiswi pasca Sarjana Fakultas Hukum Unsri melaksankan kegiatan Workshop ASEAN Laws tahun 2023, dengan tema “A way forward for Legal Cooperation” dilaksanakan di kota Chiang Mai Thailand pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2023 lalu, dengan tuan rumah Faculty of Law, Chiang Mai University.(BP/IST)

Palembang, BP- .Sebanyak 10 Mahasiswa dan mahasiswi S3 Fakultas Hukum Unsri melaksankan kegiatan Workshop ASEAN Laws tahun 2023, dengan tema “A way forward for Legal Cooperation” dilaksanakan di kota Chiang Mai Thailand pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2023 lalu, dengan tuan rumah Faculty of Law, Chiang Mai University.

 

Rita Suryani mengatakan, kegiatan ini melibatkan civitas Akademika, para Dekan dan Wakil Dekan dan mahasiswa fakultas hukum dari tiga universitas yaitu Universitas Sriwijaya (UNSRI), Indonesia, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM ) dan Chiang Mai University (CMU) Thailand.

 

“Selain mendiskusikan Memorandum of Understanding (MoU) antar pimpinan Lembaga Pendidikan hukum, juga menjajaki kerjasama di bidang pendidikan hukum  berupa penguatan kolaborasi riset dan pengajaran, pertukaran dosen dan adjunct professors antar Fakultas Hukum,”kata Rita, Selasa (17/10).

Baca Juga:  Kapolda Sumsel Kembali Gelar Baksos di Gang Gading Kelurahan 7 Ulu

Rita yang juga anggota DPRD Sumsel mengatakan, delegasi Universitas Sriwijaya dipimpin oleh Dekan FH Unsri Prof. Dr. Febrian SH., MS dan Dr. Mada Apriandi Zuhir, SH., MCL sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FH UNSRI.

Sementara itu, Prof. Dr Febrian SH., MS kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali kerjasama dengan berbagai universitas di ASEAN yang memiliki sistem hukum yang berbeda juga guna mempromosikan dan menginternasionalisasikan program-program yang ada di Fakultas Hukum Unsri ke mitra universitas baik di Malaysia maupun Thailand.

Senada dengan hal tersebut, Dekan Faculty of Law, Chiang Mai University, Prof. Dr. Nuthamon Kongcharoen juga menyatakan dalam sambutannya bahwa kerja sama yang terjalin juga dapat membuka peluang untuk credit transfer bagi mahasiswa di masing-masing fakultas, sehingga akan meningkatkan optimalisasi sumber daya secara bersama-sama di masing-masing kampus untuk kegiatan pendidikan.

Baca Juga:  Dua Pelaku Jambret Di Tembak

“Selain itu, ditegaskan juga bahwa komitmen Fakultas Hukum CMU untuk terus memfasilitasi berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kerja sama antar perguruan tinggi di ASEAN, termasuk komitmen untuk mengirimkan staf dan mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Chiang Mai untuk hadir pada pertemuan bulan Maret tahun depan di Palembang,”ujarnya.

Pada acara Workshop Hukum kali ini, Delegasi Unsri mengirimkan 10 mahasiswa program pascasarjana, 9 orang dari Program Doktor Ilmu Hukum FH Unsri dan 1 orang dari mahasiswa Magister Ilmu Hukum FH Unsri.

Sembilan orang mahasiwa dari Program Doktor Ilmu Hukum FH Unsri yaitu Peby Anggi Pratama, Rita Suryani, Kartika Yanti, Makiani, Harya Prathysta Endhi Putra, Yose Rizal, Anita Sani, Shandy Danuswarna dan Ramayuza Pradesa.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Khawatir Pelaksanaan Pilkada di Sumsel, Susah Hindari Kerumunan

Sedangkan mahasiwa MIH FH Unsri diwakili oleh Ela Andini Putri.

Pada kesempatan ini, tidak hanya mahasiswa dari Chiang Mai University yang mempresentasikan makalah mereka dalam kegiatan workshop, namun juga mahasiswa FH Unsri  mempresentasikan makalah masing-masing terkait berbagai macam aspek hukum. Antusiasme dalam kegiatan workshop itu, menurut Dr. Mada Apriandi Zuhir, dikarenakan perbedaan sistem hukum masing-masing negara.

Ditambahkannya bahwa kegiatan dengan tajuk yang dibuat yaitu ASEAN legal knowledge sharing sangat tepat untuk memperkenalkan dan saling memahami bagaimana sistem hukum yang berbeda antar negara ASEAN, sehingga mahasiswa dapat mendengarkan, mengetahui dan memperbandingkan dalam konteks keilmuan hukum untuk mendapatkan insight dari masing-masing negara.

Turut juga hadir dalam kegiatan tersebut Prof. Nuthamon Kongcharoen, Prof. Pornchai Wisuttisak dan Prof. Haniff Ahamat#udi

Komentar Anda
Loading...