Mahasiswa Unsri dan UTM Buat  Rumah Jamur Berbasis IoT di Lahat

74
Desa Pelajaran Kecamatan Jarai yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Lahat   didatangi mahasiswa dan mahasiswi dari dua universitas ternama di Indonesia dan Malaysia yaitu dari Universitas Sriwijaya Palembang dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).(BP/IST)

Palembang, BP-Desa Pelajaran Kecamatan Jarai yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Lahat   didatangi mahasiswa dan mahasiswi dari dua universitas ternama di Indonesia dan Malaysia yaitu dari Universitas Sriwijaya Palembang dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Adapaun kegiatan kedua perguruan tinggi dari dua negara serumpun ini adalah melakukan PPK Ormawa U read dan Kolaborasi Internasional Mahasiswa Mengabdi dengan tema Pendampingan Petani Dalam Implementasi Rumah Jamur Berbasis IoT dan Energi Bersih di Desa Pelajaran menuju Sentra Pertanian Berkelanjutan, Senin (14/8).

Baca Juga:  Pasien Corona di Sumsel Bertambah 106 Orang

Kegiatan yang berlangsung di Desa Pelajaran dihadiri oleh Bupati Lahat H.Cik Ujang, SH yang diwakili oleh TBUPP, Sekcam Jarai, Kepala Desa Pelajaran, Poksek Jarai, Koramil Jarai, Dosen Unsri Dr.Rizky Tirta Adhiguna, S.TP.,M.Si, Bimo Brata Adhitya,S.T.,M.T. Dosen UTM Dr.Nurzal Effiyana binti Ghazali dan 50 orang mahasiswa dari Fakusltas Pertanian dan Teknik dari kedua universitas.

Kolaborasi Internasional Mahasiswa Mengabdi dengan pembuatan rumah jamur berbasis IoT. Istilah IoT, atau Internet of Things, mengacu pada jaringan kolektif perangkat yang terhubung dan teknologi yang memfasilitasi komunikasi antara perangkat dan cloud, serta antarperangkat itu sendiri.

Baca Juga:  Abdul Hakim Pantau Ngibar Sensus di BPKP

Berkat hadirnya cip komputer murah dan telekomunikasi bandwidth tinggi, kita sekarang memiliki miliaran perangkat yang terhubung ke internet.

“Ini berarti perangkat setiap hari seperti sikat gigi, penyedot debu, mobil, dan mesin dapat menggunakan sensor untuk mengumpulkan data dan merespons pengguna dengan cerdas,” kata Dosen Unsri Dr.Rizky Tirta Adhiguna, S.TP.,M.Si

 

Baca Juga:  Bayi  Dibuang di Bak Sampah

Teknologi IoT diterapkan di rumah jamur yang dibuat di Desa Pelajaran.

“Nantinya dengan teknologi ini rumah jamur di Desa Pelajaran dapat meningkat produksinya dengan mengggunakan teknologi tambahan ini. Hal ini baru diterapkan di Provinsi Sumatera Selatan di Desa Pelajaran Kecamatan Jarai, “ katanya.#udi

 

Komentar Anda
Loading...