68 Orang Pegawai Kemenkumham Sumsel Dilantik Jadi Fungsional Pembina Keamanan dan Pengamanan Pemasyarakatan

63

PALEMBANG, BP-Kanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengamanan Pemasyarakatan secara daring yang dilaksanakan terpusat dari Graha Bhakti Pemasyarakatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, bertempat di Aula Musi Kanwil Setempat, Jumat (14/7).

Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 jo Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020, setiap Pegawai Negeri Sipil yang diangkat dalam jabatan harus dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Adapun, pelantikan yang dilaksanakan secara daring tersebut diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan Satuan Kerja Pemasyarakatan Se-Indonesia.

Baca Juga:  Nekat Masuk Asrama Putri Curi Laptop, Heri Babak Belur Diamuk Massa

Para Pejabat Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan dan Pengamanan Pemasyarakatan dilantik secara langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjenpas) Heni Yuwono.

Terhadap seluruh pejabat fungsional yang telah dilantik, Heni Yuwono mengucapkan selamat serta menjadikan momentum ini menjadi titik awal bagi saudara sekalian untuk menjadi motor penggerak melakukan perubahan.

“Momentum ini tentunya dijadikan ajang untuk terus berinovasi sesuai dengan kapasitas masing-masing, guna mewujudkan transpormasi pemasyarakatan semakin PASTI, Berakhlak, Indonesia Maju,” ujar Sesditjenpas tersebut.

Untuk melaksanakan sistem keamanan di Lapas/Rutan/LPKA, Heni Yuwono mengatakan diperlukan petugas yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan langkah – langkah strategis pengamanan yang dapat mengantisipasi gangguan Kamtib.

Baca Juga:  Jual Motor Tetangga, Effendi Berurusan dengan Berwajib

“Petugas pemasyarakatan adalah pejabat fungsional penegak hukum yang diberi wewenang berdasarkan Undang-Undang untuk pelaksanakan tugas pemasyarakatan dalam sistem peradilan pidana,” jelas Heni.

Terakhir, Heni Yuwono menghimbau untuk tidak boleh diskrimitatif, serta harus mampu menciptakan kondisi keamanan yang betul betul kondusif, tanpa adanya diskriminasi kepada WBP.

Di kesempatan berbeda, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh 68 Orang pegawai Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyaraktan dan Pengaman Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Baca Juga:  Dua Sejoli Ditangkap, Jual Anak  Dibawah Umur

Ilham Djaya berpesan bahwa pelantikan ini merupakan sebuah pilihan individu masing-masing sehingga harus siap sedia menanggung segala resiko dan kesempatan baik itu hal manis maupun pahit.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan sepenuh hati, laksanakan apa yang sudah menjadi pilihan yang terbaik. Saya berharapn hal ini merupakan pemberian tuhan yang menjadi jalan terbaik untuk mengabdi kepada bangsa, negara, maupun agama serta tak lupa untuk menyikapi segala hal dengan perasaan Syukur,” tutup Mantan Kalapas Merah Mata tersebut. #man/rel

Komentar Anda
Loading...