Layanan Kunjungan WBP selama Hari Raya Idul Adha Berjalan Kondusif dan Sesuai SOP

14

PALEMBANG, BP– Dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan publik selama Hari Raya Idul Adha 1444 H, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya melaksanakan tinjauan terhadap layanan kunjungan yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan di Satuan Kerja Pemasyarakatan Wilayah Kota Palembang, Kamis (29/6).

Selepas memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Rutan Palembang, Kakanwil Kemenkumham Sumsel didampingi langsung oleh Karutan Palembang Bistok Oloan Situngkir meninjau pelayanan kunjungan WBP.

Pada kunjungan ini, Kakanwil Ilham melakukan pengecekan secara langsung terhadap kesiapan sarana dan prasarana serta memantau alur kunjungan, sehingga dapat memastikan Keluarga dari Warga Binaan mendapatkan pelayanan yang optimal.

“Berdasarkan fakta di Lapangan, terpantau pelaksanaan pelayanan kunjungan yang berlangsung tertib, aman, dan terkendali. Tentunya, hal ini harus tetap dipertahankan dengan selalu memperhatikan tingkat keamanan dan pengawasan,” ujar Dr Ilham Djaya.

Selain itu, Dr Ilham Djaya menegaskan kepada petugas untuk selalu menjaga kewaspadaan dan melakukan percepatan pelayanan kepada pengunjung.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Tidak Bisa Anggarkan Bansos Lagi

“Saya ingatkan kepada seluruh jajaran petugas pengamanan untuk melaksanakan tugas dengan cermat dan humanis tanpa adanya diskriminasi. Pada saat pengunjung dan barang masuk, harap selalu teliti dan cekatan dalam pemeriksaannya. Pegang teguh prinsip 5S dalam pelayanan yaitu: salam, senyum, sapa, sopan dan santun.” Ajak Ilham.

Di kesempatan berbeda, Karutan Palembang Bistok Oloan Situngkir berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Langkah tersebut dikatakan oleh Bistok, sebagai salah satu cara untuk membuat para WBP merasa dihargai dan diperhatikan dengan memenuhi haknya sebagai warga negara pada momen Idul Adha ini.

Menanggapi arahan langsung dari Kakanwil Ilham Djaya, Bistok menegaskan bahwa pihaknya siap 100 persen menghadapi ramainya pengunjung dengan mengambil langkah preventif. Melalui pengetatan penjagaan dengan menambah satuan pengamanan serta melakukan pemeriksaaan kartu identitas dan fisik kepada setiap pengunjung.

Baca Juga:  Kemenkumham Sumsel Dukung Pemerintah Daerah Wujudkan Kabupaten/Kota Peduli HAM

Kemudian, Kakanwil Ilham Djaya melanjutkan kunjungannya ke Lapas Kelas IIA Palembang yang disambut hangat oleh Kalapas Perempuan Palembang, Ike Rahmawati beserta jajarannya.

Meskipun status pandemi COVID19 telah berganti menjadi endemi, Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang masih konsisten memanfaatkan teknologi dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik dengan menyediakan layanan video call sebagai alternatif dari kunjungan tatap muka.

Dikatakan oleh Ilham Djaya, langkah cerdas tersebut patut diapresiasi dan dilanjutkan konsistensi dan efektivitasnya mengingat lonjakan kunjungan yang terjadi di momen hari libur seperti sekarang.

“Tentunya layanan video call menjadi obat rindu bagi keluarga WBP yang berhalangan hadir secara langsung dikarenakan faktor jarak dan kondisi tertentu apalagi layanan ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. Dan terpenting adalah langkah ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi potensi beredarnya telepon seluler di dalam lapas,” jelas Ilham Djaya.

Baca Juga:  2 Tahun Buron, Pembunuh Satpam Dibekuk

Lebih lanjut, Kakanwil Ilham Djaya menyapa dan bertatap muka dengan para keluarga WBP serta mendengarkan cerita dan keluh kesah dari mereka. Ilham Djaya berpesan kepada pengujung untuk bersabar menunggu antrian dengan berpegang teguh terhadap SOP yang berlaku demi menjaga keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan.

Kemudian, Ike Rahmawati selaku Kalapas Perempuang Palembang menyatakan bahwa pihaknya melaksanakan layanan kunjungan selama Idul Adha ini selalu berpedoman dengan aturan yang berlaku serta secara kolaboratif melaksanakan sinergi dengan Aparatur Penegak Hukum untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

Pelaksanaan Layanan Kunjungan Lebaran yang digelar oleh Lembaga Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel berlangsung selama tiga hari dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2023 dengan jam layanan kunjungan pada pukul 07.30 hingga 15.00 WIB. #man/rel

Komentar Anda
Loading...