Akhir Pekan Ini PBB Baru Daftarkan Bacaleg ke KPU Sumsel

77
Chandra Darmawan SE (BP/IST)

, BP- Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB)  Sumatera Selatan (Sumsel) Ir Armansyah MM melalui Sekretarisnya Chandra Darmawan SE menilai  pemilihan legislatif (Pileg) yang akan berlangsung 14 Februari 2024 mendatang sangatlah berat.

Sehingga  PBB Sumsel pun memiliki target realistis di Sumsel diharapkan bisa menyumbangkan 300 ribu suara.

Menurutnya kalau target pusat itu sudah jelas 6 jutaan suara, kalau target untuk Provinsi Sumsel mungkin akan diumumkan pada hari Kamis atau Jumat.

“Karena kami membaca dulu, tokoh-tokoh potensial yang mungkin kami andalkan untuk Sumsel diharapkan menyumbangkan 300 ribu suara karena peta bertarung di Pemilu kali ini lebih berat,” kata Chandra Darmawan SE, Rabu (10/5).

Adapun Pileg 2024 dianggap sangat berat alasannya, yang pertama karena dipengaruhi oleh banyaknya partai, yang kedua pemilu berbarengan Pileg dengan Pilpres, DPD secara serentak.

Baca Juga:  Pengukuhan Pengurus DPC Partai Gerindra Sumsel Diwarnai Aksi Dukungan untuk Prabowo

Kemudian ketiga pertarungan 2024 ini lebih berat dikarenakan di seluruh daerah dalam hal pencalonan di September 2024 itu akan memakai kursi yang dihasilkan di Pileg 14 Februari 2024.

“Makanya setiap daerah itu apalagi setiap partai itu mempunyai calon tertentu untuk dicalonkan sebagai kepala daerah, mereka akan bertarung mati-matian. Dan di sini menurut kami dari PBB, uniknya Pemilu 2024,” kata Chandra yang mantan Sekretaris Komisi II DPRD Kota Palembang.

Dijelaskannya, mereka baru akan memutuskan siapa caleg-caleg sesuai dengan nomor urutnya. Sementara hari ini baru penjajakan nama-nama makanya belum bisa diutarakan secara langsung.

Baca Juga:  Komisi I DPRD Sumsel Sebut Banyak Aset Pemprov  Sumsel Bermasalah

Karena setiap Dapil itu terkadang jumlah yang dibutuhkan 6. Sedangkan yang daftar 7-8. Sehingga kami pada hari ini menyimpulkan terlebih dahulu mengirimkan ke pusat. Setelah itu keluar dari pusat sesuai dengan nomor urut tadi.

Jadi hingga kini belum bisa disebutkan tokohnya ini, khawatirnya setelah disebutkan namanya tahu-tahu tidak keluar dari situ. Dikabarkan ada tokoh yakni nama mantan Ketua Partai yang tidak lolos Pemilu.

Dia menargetkan pada hari Selasa dan hari Rabu ini penyusunan bacaleg akan selesai. Kamis sesuai schedule Partai Bulan Bintang, bahwa ini diharapkan sudah siap terbentuk komposisi  bacaleg.
“Sesuai dengan rencana kami juga selagi mempersiapkan administrasi kami akan mendaftar secara langsung pada hari Sabtu (13/5) ke KPU Sumsel. Ini serentak sesuai dengan perintah DPP PBB,”  katanya.
Pihaknya masih memohonkan juga kalau ada masyarakat yang berminat untuk mencalonkan diri dari PBB , masih ada waktu sampai hari Kamis sebelum berkas ini kami serahkan ke KPU.

“Target kursi sekarang untuk DPRD Provinsi belum kami terapkan. Setelah menerapkan nomor urut, baru nanti menerapkan fakta integritas yang harus disepakati oleh secara bersama. Baru selesai dari itu kami baru masuk ke target yang harus dicapai di setiap kabupaten/kota dan juga provinsi,” katanya.#udi

Komentar Anda
Loading...