Menyemai Pelajar Pancasila Lewat Lagu oleh PBH Peradi Palembang di SMAN 14

49
Penyuluhan hukum BPHN Mengasuh oleh PBH Peradi Palembang di SMAN 14 Palembang. (BP/IST)

Palembang, BP- Lagu“Pelajar Pancasila” yang kerap dilantunkan Kikan Namara dan Eka Gustiwana terdengar dari lantai dua ruang pertemuan SMAN 14. Sebanyak 92 siswa dari sekolah yang beralamat di Jalan Pangeran Ayin bernyanyi bersama dengan riang dan gembira.

 

Mereka bernyanyi pada rangkaian penyuluhan hukum Program “BPHN Mengasuh” yang dilaksanakan Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Palembang, Kamis (13/4).

 

“Pada setiap penyuluhan kami tidak hanya memberikan penyuluhan hukum tentang mencegah kenakalan dan kriminalitas anak, juga tentang sanksi hukum dari kejahatan seperti perundungan, narkoba, perkelahian dan lainnya, tetapi juga siswa kami ajak memahami nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kata Aina Rumiyati Aziz Ketua PBH Peradi Palembang.

 

Para advokat PBH Peradi Palembang, Aina Rumiyati Aziz, Eka Novianti, Megaria dan Fenny Saskia Hasan melakukan penyuluhan di SMAN 14 Palembang dengan menyemai benih nilai Pancasila kepada para siswa melalui ceramah, tanya jawab dan pemutaran video klip lagu.

 

Pada penyuluhan hukum tersebut PBH Peradi menyelingi ceramah dengan memutar lagu dan menyanyi bersama beberapa lagu yang dikenal pada siswa. Diantaranya diputar dan ditayangkan video lagu “Pelajar Pancasila” yang dilantunkan Kikan Namara dan Eka Gustiwana serta lagu “Manusia Kuat” dari Tulus.

Baca Juga:  Harus Ada Kepastian Hukum Kasus Penipuan Prank Sumbangan Rp2 Triliun

 

Dalam lagu “Pelajar Pancasila” yang diproduksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut terpatripesan nilai-nilai Pancasila dalam liriknya :

 

Bangun dan bukalah matamu

Saatnya meraih mimpimu

Arahkan pandangan ke depan

Tuhan kan menuntunmu

 

Sadarilah masa Berganti

Tantangan kan kita hadapi

Bergandeng tangan untuk negeri

Era kita menanti berseri

 

Kita pelajar Pancasila

Kita bernafas dalam sila-silanya

Kita pelajar Pancasila

Ayo kita jaga untuk Indonesia

 

Bersatu dalam perbedaan

Berpegang tangan dan berlari

Singkirkan egomu oh kawan

Demi negeri ini

 

Jadilah generasi emas

Cerdas berkarakter itu kita

Berjuang dan harus berani

Kita terus torehkan prestasi

 

Kita pelajar Pancasila

Kita bernafas dalam sila-silanya

Kita pelajar Pancasila

Ayo kita jaga untuk Indonesia

 

Kita pelajar Pancasila

Kita bernafas dalam sila-silanya

Kita pelajar Pancasila

Ayo kita jaga untuk Indonesia.

 

Menurut Aina, video klip lagu “Pelajar Pancasila” diproduksi oleh Pusat Penguatan karakter Kemendikbud. Dengan mengutip dari Situs Cerdas Berkarakter Kemendikbud, Aina menjelaskan, “Pelajar Pancasila dimaknai sebagai sumberdaya manusia yang unggul dan merupakan seseorang dengan sifat pelajar sepanjang hidupnya.”

Baca Juga:  Korban Tewas Penembakan Satu Keluarga Bertambah

 

Advokat dari PBH Peradi Palembang menjelaskan, pelajar Pancasila itu memiliki kompetensi global dan memiliki sikap perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Ada lima karakter dari Pelajar Pancasila yaitu: 1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2. Berbhinnekaan global; 3. Bergotong-royong; 4. Kreatif; 5. Bernalar kritis; dan 6. Mandiri.

 

Walau lagu “Pelajar Pancasila” sudah dirilis sejak 2021 ternyata belum semua peserta kenal dan akrab dengan lagu ini. Namun setelah dua kali diperdengarkan, para pelajar mulai bisa menghafal liriknya dan menyanyikannya bersama-sama menjadi sebuah koor yang kompak.

 

Untuk menyemai nilai-nilai Pancasila kepada para pelajar SMAN 14 juga ditumbuhkan semangat hidup dengan menyanyikan bersama lagu penyanyi Tulus berjudul “Manusia Kuat.”

 

Kau bisa patahkan kakiku

Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa lumpuhkan tanganku

Tapi tidak mimpi-mimpiku

 

Kau bisa merebut senyumku

Tapi sungguh tak akan lama

Kau bisa merobek hatiku

Tapi aku tahu obatnya

 

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

 

Kau bisa hitamkan putihku

Kau takkan gelapkan apapun

Kau bisa runtuhkan jalanku

Kan ku temukan jalan yang lain

 

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

Manusia-manusia kuat itu kita

Jiwa-jiwa yang kuat itu kita

 

Bila bukan kehendakNya huuu

Tidak satu pun culasmu akan bawa bahagia ….

 

“Wah kalau lagu Tulus kalian langsung hafal,” ujar Aina. “Untuk lagu Pelajar Pancasila juga ada sekolah yang menjadikan lagu ini untuk latar gerakan senam. Hafalkan lagu ini dan jangan lupa terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidan kalian sehari-hari,” pesan advokat yang juga Ketua PBH Peradi Palembang.

Baca Juga:  Teddy Minahasa Dituntut Hukuman Mati Dalam Kasus Peredaran Narkoba

 

Pada penyuluhan hukum di sekolah beralamat di Jalan Pangeran Ayin yang berada persis pada perbatasan Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin tersebut menurut Aina, PBH Peradi Palembang juga menanamkan semangat literasi kepada siswa dengan membagikan gift buku yang ditulis dan diterbitkan wartawan senior penulis Maspril Aries.

 

“Kami mengajak siswa untuk mengurangi porsi waktu bermain dengan gadget atau ponsel dengan meluangkan waktu masuk dan membaca buku di perpustakaan sekolah,” pesan Aina kepada para siswa peserta penyuluhan BPHN Mengasuh. ●#udi

 

 

 

 

Komentar Anda
Loading...