Refly Harun: Capres Jangan Dua Maksimal Empat

71

JAKARTA, BP – Sistem Presidential Threshold membuat pemilihan Presiden (pilpres) diarahkan hanya dua calon yang akan dimajukan dalam pilpres 2024.  Ahli tata hukum negara dan advokat Refly Harun berharap calon presiden (capres) jangan dua maksimal empat.

Demikian diungkapkan Refly Harun dalam kanal YouTubenya dalam unggahan video berjudul Kritik RR  terhadap Jokowi, Ganjar dan Survei berbayar! Indonesia Gak Butuh Pangeran Tiktok, dikutip Rabu (14/12/2022).

Baca Juga:  Pilpres  Lebih Sederhana Ketimbang  Pileg

Refly mengatakan,  jika bicara  cara dan metode, intinya  jika dicalonkan sebagai capres dengan sistem Presidential Threshold maka  peluang menangnya   50 persen.

“Jadi siapapun yang dimajukan tetap peluangnya 50 persen, karena hanya dua calon atau dibuat cuma dua calon,” kata Refly.

Menurutnya, Presidential Threshold ini cara pintar jika berbicara jalur menjadikan seorang presiden, pertama  lift up (mengangkat) dengan survei, lalu yakinkan partai pengusung yang memiliki power seperti PDIP,  kemudian ciptakan cuma dua calon saja dan dukung dengan kekuatan istana.

Baca Juga:  Pemkab Muba Siapkan Dana Sharing Untuk Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024

“Selesailah ya kan?” ucap dia.

Refly berharap capres  jangan dua lagi, namun empat capres  adalah maksimal. “Tapi paling tidak mudah-mudahan bisa tiga calon,” ujarnya.#gus

Komentar Anda
Loading...