Palembang Cerdas, Program Solutif di Tengah Masyarakat

60

PALEMBANG, BP- Sore itu selasa (27/9) terlihat belasan anak-anak, ada yang masih berseragam sekolah dan ada juga berpakaian biasa berkumpul di kawasan jalan Segaran Kalidoni. Teras rumah warga yang asri dan bersih ini sontak menjadi riuh dengan keceriaan anak-anak tersebut.
Tampak sebagian yang belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dan ada pula yang berhadapan dengan notebook berselancar di dunia maya. Sebagian lainnyo tambak asyik membaca buku bacaan dan pengetahuan populer.
Dari kejauhan terlihat pula parkir sekitar 5 motor dengan box bertuliskan ‘Palembang Cerdas’ dengan foto sosok H Ahmad Aman Astra Ramli yang juga merupakan wakil ketua DPD Partai Demokrat Sumsel ini.
Saat dikonfirmasi via WhatsApp, pria yang akrab dipanggil Bang Aman ini membenarkan bahwa ‘Palembang Cerdas’ merupakan program yang sengaja dia dedikasikan untuk masyarakat Palembang dan sekitarnya. Dijelaskan, kegiatan ini baru berlangsung hampir sebulan ini.
“Program ini benar-benar saya dedikasikan untuk Palembang tercinta. Saya mencoba memberikan solusi belajar bagi anak-anak usia sekolah. Apalagi anak-anak ini juga terkadang sudah jauh dari buku bacaan pengetahuan populer dan edukasi lainnya, maka itu saya hadirkan perpustakaan keliling,” ujar Aman, Rabu (28/9).
Menurut owner Radio Momea FM ini, tiap harinya termasuk hari libur tim Palembang Cerdas berkeliling sampai pelosok. Pihaknya juga menyediakan wifi gratis untuk setiap tempat yang dikunjungi, sehingga anak-anak juga termasuk masyarakat umum bisa menikmati jaringan internet cuma-cuma saat tim berada dalam lingkungan tersebut.
“Insya Allah mulai awal Oktober ini tim akan saya tambah menjadi dua, sehingga diharapkan lebih banyak jangkauannya. Karena permintaan masyarakat semakin hari semakin bertambah. Bahkan ada yang menjadwalkan rutin untuk dikunjungi tim ini,” tambah Aman yang juga pernah menjabat Ketua KNPI Sumsel ini.
Saat ditanya apakah ada hubungan dengan agenda politik ke depan? Aman yang merupakan putra H Ramli Hasan Basri Gubernur Sumsel 1988-1998 ini menjawab bahwa kegiatannya murni untuk membantu masyarakat terutama dalam mencerdaskan anak-anak usia sekolah.
“Sah-sah saja jika ada yang menghubungkannya ke agenda politik. Karena saya sadar, sebagai fungsionaris partai pasti akan memiliki tujuan politik. Namun itu semua masih jauh dan saya juga mengikuti apa arahan partai. Yang pasti Palembang Cerdas ini bertujuan membantu masyarakat sekaligus bentuk pengabdian saya kepada kota yang kita cintai ini,” tuturnya lagi. #muk

Komentar Anda
Loading...