Disbudpar Sumsel Lirik Potensi Wisata Religi di Sumsel

35
Suasana FGD  Pengembangan Daya Tarik Wisata Unggulan Provinsi (Paket Wisata Religi 2021) OKU, OKU Selatan dan OKU Timur di Hotel 101 Palembang, Selasa (12/10). (BP/IST)

Palembang, BP- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) tengah mengembangkan potensi wisata religi yang ada di seluruh Kabupaten Kota di provinsi Sumsel.

Saat ini, Disbudpar Sumsel telah melakukan beberapa rangkaian kerja untuk mengembangkan paket Wisata Religi yang saat ini telah masuk di tahap kedua. Tahap pertama, Disbudpar Sumsel telah merangkai paket wisata religi untuk kanupaten OI, kabupaten OKI dan Kota Pagar Alam. Sedangkan untuk tahap kedua, kembali tiga daerah di kawasan OKU Raya (OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan) yang akan di angkat wisata religinya.

Abdul Aziz Kamis selaku Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Pariwisata mengatakan, jika Paket Wisata Religi ini juga salah satu dari Visi Gubernur Sumsel untuk menciptakan Sumsel yang religius.

Baca Juga:  Polda Sumsel Tegaskan Anggota Polri Tidak Boleh Berpolitik

“Kalau berbicara soal wisata religi bukan hanya yang agama islam, artinya semua agama kalau memang ada yang harus di hormati kita dorong jadi wisata religi,” katanya saat membuka FGD  Pengembangan Daya Tarik Wisata Unggulan Provinsi (Paket Wisata Religi 2021) OKU, OKU Selatan dan OKU Timur di Hotel 101 Palembang, Selasa (12/10).

Menurutnya dengan dikembangkanya Potensi Wisata Religi dapat juga menghindari dari kegiatan syirik yang dilakukan. Jadi misalnya, di satu daerah ada makam makam tokoh atau nenek moyang yang menjadi sejarah di daerah tersebut. Bisa kita kembangkan menjadi tempat Wisata.

Baca Juga:  Masih Banyak Pelanggaran Ketidaknetralan ASN

“Jangan sampai makam itu hanya digunakan untuk kegiatan yang sifatnya syirik atau menjadi tempat meminta sesuatu. Selain itu juga manfaatnya juga bisa mengenalkan peradaban di daerah tersebut dengan menghormati nenek moyang dan menambah objek pariwisata kita yang semakin lama wisata religi di Sumsel bisa semakin meningkat,” katanya.

Sedangkan Tiurma Y. I. Simanjuntak, Kasi Daya Tarik Wisata Disbudpar Sumsel mengemukakan hal yang sama .

“Paket Wisata Religi ini untuk mengenalkan wisata religi Sumsel, hari ini pada Forum Grup Diskusi untuk tiga daerah di OKU Raya. Saat ini tengah membahas wisata mana saja yang nanti akan bisa di masukan dalam paket,”  katanya.

Baca Juga:  Pria Ini Nyaris Tewas Ditusuk Tetangga Sendiri

Lanjutnya, Paket Wisata ini nantinya akan ada untuk 17 Kabupaten Kota se Sumsel. Disbudpar juga merangkul seluruh pelaku wisata dan agensi perjalanan seperti Asosiasi Travel Agent (ASITA), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan Masyarakat Sadar Wisata (MASATA).

“Paket Wisata Religi ini dapat menciptakan alternatif baru dalam paket perjalanan di Sumatera Selatan selain wisata alam dan buatan,”  katanya.#osk

 

Komentar Anda
Loading...