Bacaleg Bisa Diganti

9
BP/IST
Aspahani

Palembang , BP
Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang telah ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS) bisa diganti jika meninggal dunia atau tidak memenuhi syarat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Aspahani mengatakan, khusus bakal caleg perempuan, karena ada kuota sebesar 30 persen itu bilamana mengganggu bisa diganti.
“Mengganggu itu kalau ada enam bacaleg di satu daerah pemilihan, 1,2,3 dan keluar satu perempuan itu sehingga tidak lagi memenuhi kuota 30 persen perempuan, “ katanya, Minggu (26/8).
Dan berdasarkan peraturan KPU itu bisa diganti, karena mempengaruhi kuota, karena bila tidak diisi akibatnya daerah pemilihan itu akan hilang semua.
“Solusi kedua mengurangi bacaleg laki-laki dua orang dari enam bacaleg itu yang dihilangkan tiga, satu perempuan dua laki-laki, sehingga tiga masih bisa diselamatkan di PKPU dimungkinkan untuk bisa diganti bilamana mengganggu keterwakilan perempuan. Artinya masih memungkinkan kalau mengundurkan diri, perempuan masih bisa diganti menuju daftar calon tetap (DCT) selama untuk memenuhi kuota,” katanya. #osk

Komentar Anda
Loading...