Sempat Membludak , 80 Orang Ikuti Peserta Catur Terbuka  Se-Kota Palembang, Di Gelar Percasi Kota Palembang 

18
Suasana Peresmian Kantor Sekretariat Percasi Kota Palembang Periode 2024- 2028 dan Turnamen Catur Terbuka se-kota Palembang, Sabtu (1/6).(BP/udi)

Palembang, BP- Turnamen Catur Terbuka Se-Kota Palembang yang di gelar  Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Palembang , Sabtu (1/6) di Kantor Sekretariat Percasi Kota Palembang di Jalan Pangeran  SW Subekti, Blok 44, Kelurahan 24 Ilir , Kecamatan Bukit Kecil, Palembang yang juga ikut diresmikan.

 Tingginya dan membludaknya  minat  masyarakat mengikuti  turnamen tersebut dimana yang mendaftar hingga 200 orang , akhirnya panitia pelaksana  membatasi peserta hanya 80 orang.
“Tapi akhirnya kita batasi jadi 80 orang. Terdiri dari SD, SMP, SMA dan umum,” kata Ketua Percasi Kota Palembang, KMS. Ahmad Idham Murni, S.E usai peresmian  Kantor Sekretariat Percasi Kota Palembang Periode 2024- 2028 dan membuka Turnamen Catur Terbuka se-kota Palembang, Sabtu (1/6).
Setelah kegiatan ini  pihaknya  kita akan melakukan kejuaraan  kota Palembang dan persiapan Porprov.
Turnamen ini, sambung Idham, bertujuan untuk mencari bibit dan mengenalkan bahwa Percasi Palembang itu sudah ada wadahnya mereka untuk bermain, untuk mereka datang ke Kantor Sekretariat dan segala sesuatu ada tempatnya inilah percasi kota Palembang.
Ketika ditanya  terkait rencana Percasi Palembang untuk menggelar Liga Catur kedepan, Idham mengungkapkan,  Liga Catur itu bisa menghidupkan kembali, supaya minat catur ini semakin bergairah.
“Liga Catur itu, kita ambil dari 28 klub untuk mendaftar dan akan melibatkan seluruh instansi, seperti Kodam atau kodim atau polres adakan acara catur supaya kami hadir termasuk Pemkot,” katanya.
Sedangkan mengenai peresmian kantor sekretariat Percasi kota Palembang yang baru menurutnya  sekretariat ini sebagai rumah atau wadah untuk olahraga catur yang melahirkan bibit atlet yang hebat.
“Kami berharap adanya kantor baru ini menjadi wadah tumbuhnya bibit-bibit baru. Dan kami meminta seluruh stakeholder untuk memperhatikan lagi untuk olahraga catur ini,” katanya.
Sementara itu, Ketua KONI kota Palembang, H. Anton Nurdin, H.P., S.T., S.H., M.Si mengatakan pihaknya mengapresiasi kepengurusan Percasi Kota Palembang periode 2024-2028 yang sudah sangat luar biasa.
“Hari ini Percasi Kota Palembang telah meresmikan kantor dan langsung menggelar turnamen catur. Jadi kami selaku ketua KONI sangat bangga dan sangat bahagia, semoga saja ke depan Pemerintah Kota Palembang dapat mendukung Percasi dan menjadikan olahraga catur ini unggulan di Kota Palembang,”  kata Anton.
Menurut Anton, Kepengurusan Percasi Kota Palembang 2024-2028 ini sudah sangat luar biasa lebih.
“Sehingga tinggal hanya memolesnya saja. Kita mencari atlet catur kota Palembang yang betul-betul bisa bertanding ke tingkat nasional. Orang Palembang ini jago main catur, kalau stigma Sumut jago catur maka Sumsel lebih jago lagi,” katanya.
Ketika ditanya atlet catur yang akan dikirim ke Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI di Aceh-Sumut pada bulan September 2024 mendatang, Anton menuturkan, untuk kota Palembang sudah ada satu akan diberangkatkan.
“Itu akan kita kawal dan insya Allah nanti dia pulang bawa medali,”katanya.#udi
Baca Juga:  DPRD Sumsel Belum Tahu Ada Refocusing Anggaran Lagi
Komentar Anda
Loading...