Karantina Sumsel   Pantau Penyakit Ikan Karantina (PIK) Tahap I di Kota Lubuk Linggau

12
Karantina Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan kegiatan Pemantauan Tahap I Tahun 2024 di Kota Lubuk Linggau, kegiatan yang di mulai dari hari Senin (6/5) sampai dengan Kamis (9/5) ini berlangsung selama empat hari.(BP/ist)

Palembang, BP- Karantina Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan kegiatan Pemantauan Tahap I Tahun 2024 di Kota Lubuk Linggau, kegiatan yang di mulai dari hari Senin (6/5) sampai dengan Kamis (9/5) ini berlangsung selama empat hari.

Pemantauan Penyakit Ikan Karantina merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, kegiatan ini di lakukan untuk mengetahui peta sebaran Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK) di wilayah Sumatera Selatan ucap Triyanto Ketua Tim Kerja Karantina Ikan.

Baca Juga:  Fraksi di DPRD Sumsel Memaklumi dan Terima Raperda Perubahan APBD Sumsel 20

Pemantauan dilakukan terhadap tiga kecamatan yang berbeda di kota Lubuk Linggau dengan komoditi yang menjadi andalan Sumatera Selatan yaitu ikan Lele, Nila dan Patin. Dari ketiga jenis komoditi itu mempunyai target penyakit yang berbeda yaitu dari jenis Bakteri, Jamur dan Virus.

Seperti Jamur aphanomyves invadans pada lele, virus Tilapia lake virus (TiLV) pada nila, dan bakteri Edwardsiella ictaluri.

Baca Juga:  Mayor Czi Ibnu Muntaha Jabat Dan Batalyon Zipur 2 Samara Grawira Kodam II Sriwiaya

Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Provinsi Sumatera Selatan Ir. Konstan Manalu mengatakan, Pemantauan Penyakit Ikan Karantina sangat diperlukan untuk mengetahui sebaran Penyakit Ikan Karantina (PIK) di Wilayah Sumatera Selatan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan penyebaran Penyakit Ikan Karantina Ikan yang masuk dan keluar wilayah Sumatera Selatan yang dapat dicegah,” katanya, Senin (20/5).

Baca Juga:  Jenasah Prabowo Subianto Ditemukan

Sehingga menurutnya tidak menyebabkan kerugian yang besar bagi pembudidaya ikan yang ada di Sumsel.#udi

 

 

Komentar Anda
Loading...