Kisah Anak-anak Belajar Musik Batanghari Sembilan dari Seniman Sumsel, Ali Goik

9
Ali Goik  (tengah) sedang memainkan gitarnya (BP/IST)

Palembang, BP- Di tengah pesatnya popularitas musik K-Pop yang melanda banyak negara di seluruh dunia, sebuah cerita inspiratif muncul dari Sumatera Selatan, Indonesia. Anak-anak dari luar Sumsel datang untuk belajar musik tradisional, khususnya musik Batanghari Sembilan, Ali Goik.

 

“Musik tradisional Batanghari Sembilan memiliki tempat yang istimewa dalam budaya Sumatera Selatan. Namun, dengan arus globalisasi dan popularitas musik pop modern, kekhawatiran tentang kehilangan warisan budaya menjadi semakin nyata. Itulah mengapa upaya untuk melestarikan musik tradisional semakin penting,” kata Ali Goik, Minggu (14/4).

Baca Juga:  Cinta SIDOLOPA” Berkarya Untuk Sesama Gelar Berbagai Kegiatan

 

Ali Goik mengaku sebagai seorang seniman yang berdedikasi, dirinya telah memainkan peran yang sangat penting dalam membimbing anak-anak ini dalam memahami dan menghargai keindahan serta kekayaan musik tradisional.

“Melalui pelajaran dan bimbingan , mereka tidak hanya belajar bagaimana memainkan alat musik tradisional dan menyanyikan lagu-lagu klasik, tetapi juga memahami pentingnya menjaga warisan budaya mereka,” kata Ali.

Baca Juga:  Empat Rumah Sakit di Palembang Dapat Bantuan APD Dari Komisi I DPRD Sumsel

Ali mengaku bagaimana anak-anak dari luar Sumsel tidak hanya datang untuk belajar musik, tetapi juga membawa pulang keberanian dan pengetahuan untuk mempertahankan warisan budaya mereka di tengah arus modernisasi yang tak terelakkan.

“Dengan semangat dan dedikasi, mereka membawa pulang tidak hanya keterampilan musik, tetapi juga kebanggaan akan identitas budaya mereka,” katanya.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Tolak Hibah Lahan Untuk RSI Siti Khodijah

Menurutnya betapa pentingnya upaya kolektif untuk melestarikan dan mempromosikan musik tradisional di tengah tantangan dari arus globalisasi yang semakin kuat.

“Melalui pembelajaran dan pengajaran seperti ini , kita dapat menjaga agar warisan budaya kita tetap hidup dan berkembang, memberikan inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus menghargai kekayaan budaya yang dimiliki,”katanya.#udi

 

Komentar Anda
Loading...