Restoking 1 Juta Bibit Ikan di Alam Disiapkan Pemkab OI di 2024

30

INDRALAYA, BP – Guna mendukung pelestarian ikan lokal di alam. Pemkab Ogan Ilir melalui dinas perikanan menyiapkan restoking 1 juta bibit ikan di alam di tahun 2024.

Hal disampaikan saat penyerahan bantuan kepada nelayan dan pembudidaya ikan diserahkan Kepada Masyarakat. Senin (16/10/2023) Bertempat di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar SH, menyampaikan sebagai upaya dalam meningkatkan produksi perikanan tangkap, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan menyerahkan bantuan sarana pengembangan perikanan tangkap pada program peningkatan kapasitas nelayan kecil.

Baca Juga:  Seorang Nenek Tewas Tertimpa Rumah

“Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat khususnya nelayan untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam menangkap ikan, terutama dapat meringankan biaya untuk membeli peralatan tangkapnya,” ujarnya.

Bupati Panca Wijaya Akbar, mengajak para kepala desa untuk berkolaborasi melalui bumdes dengan pengelolaan ikan di BBI.

“Saran saya, dapat bekerjasama dengan pemkab. Kami selain membantu agar berhasil ada sosialisasi dan subsidi. Apabila kepada desa mau mengembangkan budidaya pelestarian melalui dana desa dengan bumdes yang ada. Insyaallah kita tidak akan lepas tangan sampai benar-benar bisa mandiri,” jelasnya.

Baca Juga:  Rifan Tetap Perkasa di Tengah Gempuran Corona

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan menjelaskan bahwa Bantuan ini mendukung kemajuan Ogan Ilir yang memiliki 35 persen atau sekitar 93 ribu hektar wilayah perairan dan rawa, maka tidak heran, Kabupaten OI juga terpilih jadi kampung perikanan budidaya gabus Sumber Rejeki Desa Tanjung Raja Selatan Kecamatan Tanjung Raja dari Pemerintah Pusat.

Baca Juga:  Rapat Paripurna DPRD OI, Dengarkan Pandangan Fraksi Soal LKPJ Bupati 2023

Adapun bantuan yang diserahkan terdiri dari paket alat penangkapan ikan seperti Perahu, mesin, jaring ikan, pelampung dan perlengkapan pendukung lainnya.

Bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis oleh bapak Panca Wijaya Akbar Selaku Bupati Ogan Ilir kepada nelayan yang tergabung dalam 102 kelompok pembudidaya ikan. Dengan jumlah 1.020 orang pelaku usaha. (zal/rl)

 

Komentar Anda
Loading...