Dapur Lapas Pagaralam Kembali Raih Sertifikat Laik Hiegiene dari Dinas Kesehatan

49

PALEMBANG, BP-Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya senantiasa mendorong Satuan Kerja di bawah komandonya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik salah satunya dengan melakukan pemenuhan standar pangan dengan memperhatikan kelaikan hiegiene sanitasi pangan.

Hal tersebut dibuktikan dengan diterbitkannya kembali Sertifikat Laik Hiegiene Jasaboga pada Lapas Kelas III Pagaralam yang telah dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagaralam pada Jumat, (9/6). Dikatakan oleh Kalapas Kelas III Pagaralam, Jalaluddin, bahwa Lapas Pagaralam terus menjaga standar pengolahan pangan dengan memperbaharui/memperpanjang Sertifikat tersebut dimana diketahui bahwa Sertifikat Laik Hiegiene pada Lapasnya akan habis masa berlakunya pada tanggal 23 Juni mendatang.

Kesuksesan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan visitasi yang telah dilakukan oleh Pihak Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagaralam pada hari Kamis (8/6). Tim Dinkes Pagaralam yang dipimpin oleh Nusa Indah selaku Sub Koordinator Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga bersama 6 (enam) staf lainnya disambut langsung oleh Kepala Lapas Pagaralam Jalaluddin didampingi oleh Kepala Subseksi Pembinaan A.Rifqi Affandi.

Baca Juga:  98.000 Pecandu Narkoba di Sumsel

Kunjungan dari Nusa Indah bersama timnya bertujuan untuk melakukan proses verifikasi dengan memastikan bahwa penyajian makanan memenuhi standar kebersihan dan kesehatan bagi Warga Binaan di Lapas Pagaralam.

Meninjau Lingkungan Dapur di Lapas Pagaralam, Tim visitasi dari Dinkes Pagaralam melakukan serangkaian pemerikasaan mulai dari alat-alat masak, tempat penyimpanan makanan, tempat penyajian, sanitasi lingkungan, kebersihan area masak, ketersediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), hingga jalur evakuasi.

Baca Juga:  Ketum Golkar Ajak Semua Pihak Jaga Situasi Kondusiif

Saat dikonfirmasi, Kalapas Pagaralam Jalaluddin menyampaikan hal ini diperlukan sebagai wujud pembuktian kepada Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagaralam bahwa realita keadaan Dapur Lapas Pagaralam memang layak untuk mendapatkan kembali Sertifikat Laik Hiegiene.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dinkes Pagaralam atas sinergisitas yang telah terjalin sehingga dapat mengawasi dan memimbing Lapas Pagaralam memenuhi Standar Laik Hiegiene Jasaboga untuk dapat memastikan Warga Binaan mendapatkan pelayanan publik yang prima,” tutup Jalaluddin.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya mengapresiasi pencapaian yang telah ditorehkan oleh Lapas Kelas III Pagaralam. Dikatakannya, hal ini tentunya melewati proses yang panjang dengan standar yang ketat sehingga Lapas Pagaralam mendapatkan kembali Sertifikat Laik Hiegiene Sanitasi Jasaboga oleh Dinas Kesehatan Pagaralam.

Baca Juga:  Kemenkumham Sumsel Dukung Peningkatan Kompetensi Pegawai Melalui Berbagai Pelatihan

Atas pencapaian tersebut, Kakanwil Ilham Djaya meminta kepada Lapas Pagaralam untuk membuktikan dengan senantiasa menjaga kualitas dapur umum mulai dari proses pencucian, pengolahan, hingga penyajian makanan.

“Semua aspek yang telah menjadi standar kesehatan dan kebersihan makanan harus dikelola dengan baik. Hal itu tentunya untuk menjaga kualitas kesehatan dan cita rasa makanan yang berdampak pada tingkat kesehatan WBP yang terjamin,” ungkap Kakanwil Kemenkumham tersebut.

Terakhir, Kakanwil Ilham Djaya berpesan kepada Lapas Pagaralam untuk tidak terlena dan kendor terhadap pencapaian itu dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada Warga Binaan dan tentunya melakukan perbaikan tiada henti. #man/rel

Komentar Anda
Loading...